SEMARANG TODAY – Dunia sastra di Indonesia mendapat berita duka. Novelis besar NH Dini (Nurhayati Sri Hardini Siti Nukatin) dikabarkan meninggal dunia, Selasa (4/12/2018) sekitar pukul 16.00 WIB di RS Elizabeth Semarang.

Informasi dari Hiski (Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia) menyebutkan NH Dini wafat akibat kecelakaan.

Kabar duka wafatnya NH Dini juga disampaikan oleh sastrawan senior Gunawan Mohamad melalui akun twitternya. “Wafat, Nh.Dini. Kabar yg saya terima karena kecelakaan mobil. Novelis kelahiran 1936 ini sastrawan terkemuka dari generasi yg muncul pertama kali di majalah Kisah. Karyanya: Pada Sebuah Kapal, Namaku Hiroko. Semoga ia beristirahat dalam damai,” tulis Goenawan.

Dari lingkungan Hiski diperoleh informasi bahwa NH Dini meninggal setelah kecelakaan lalu lintas di Jalan Gombel, Semarang. Mobil yang ditumpanginya terimpa muatan truk di depannya, saat itu dia sedang pulang dari tusuk jarum.

Diinformasikan pula, NH Dini diduga mengalami gegar otak. Lalu meninggal dunia. Berikutnya, jenazah disucikan di RS Elizabeth untuk kemudian disemayamkan di Wisma Lansia Harapan Asri, Semarang. Besok setelah pukul 12.00 WIB akan dikremasi di pemakaman Kedungmundu, Semarang.

NH Dini merupakan novelis sekaligus sastrawan asal Semarang yang lahir pada Februari 1936. Ia banyak melahirkan novel dan mendapat sejumlah pernghargaan. Karya – karyanya yang membekas di hati pembacanya yakni La Barka, Orang-orang Tran, Pertemuan Dua Hati, dan lainnya

“Saya pembaca NH Dini, tidak menyangka beliau meninggal. Selamat jalan NH Dini,” tutur penulis Indonesia Okky Madasari.

Beberapa penulis lainnya seperti Royyan Julian, Ronny Agustinus pun juga ungkapkan bela sungkawa.

Selamat jalan NH Dini (Net)

 

 

 

 

loading...