BOGOR TODAY- Berakhirnya masa jabatan Ketua Periode 2012-217, maka KNPI Kota Bogor yang akan kembali gelar Musda XIV di laksanakan, di Gedung PPIB Jalan Pajajaran, Minggu (18/06/17) besok.

Dikonfirmasi Ketua Tim Verifikasi Anjas andika Barus mengatakan, pihaknya telah meelakukan verifikasi OKP mulai Tanggal 8 hingga 15 Juni 2017.

Bahkan waktu verifikasi yang sebelumnya ditentukan Kamis Pukul 19.00 WIB telah diberi perpanjangan waktu hingga Pukul 24.00 malam.

Diakui Anjas, yang mendaftar untuk dilakukan verifikasi jelang pelaksanaan Musda sebanyak 76 OKP, dan Musda kali ini mengacu pada AD ART hasil Kongres Jayapura tahu 2015.

“Dari jumlah itu, yang lolos verifikasi dan sekaligus jadi peserta Musda ada 54 OKP, tidak lolos ada 3, jadi peninjau 1 dan undangan ada 4. Sementara 14 OKP hingga saat ini belum melakukan verifikasi,” kata Anjas, Sabtu (17/06/17).

Menurut dia, OKP bisa jadi peserta jika sudah mengikuti pelaksanaan Musda di atas dua kali. Kalau
undangan karena mereka baru pertama kali ikut Musda dan peninjau baru dua kali ikut Musda.

Ia menambahkan, yang tidak lolos verifikasi, karena terkendala kedudukan hukumnya, seperti AD ART dan sebagainya, selain itu karena statusnya bukan OKP melainkan sebagai ormas atau LSM.

Sementara Panitia atau Organizing Comite (OC) Musda KNPI Kota Bogor Firman Wijaya mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan ke semua OKP untuk segera melakukan verifikasi. Sehingga pada saat dilaksanakan Musda berapa yang sudah sudah terperivikasi dan yang belum.

“Tim verifikasi memiliki kewenangan, untuk menentukan peserta, undangan dan peninjau. Dan saat ini masih ada perdebatan antara tim verifikasi dengan DPD tentang peninjau dan undangan,” kata Firman.

Dikatakan Firman, untuk peserta mereka mimiliki hak suara, sementara peninjau sifatnya hanya memantau.

“Tim verifikasi harus bekerja keras,
Karena ada beberapa ormas yang ikut verifikasi dan itu tidak bisa jadi peserta, karena mereka bukan OKP tapi Ormas, KNPI ini untuk memajukan kepemudaan bukan Ormas atau LSM,” jelasnya.(Yuska Apitya)

loading...