CIBINONG TODAY – Kabupaten Bogor baru saja melangsungkan pemilihan mojang jajaka (Moka) 2017. Mila Alawiah dan Irfan Zulfauzi lolos sebagai pemenang Moka tahun ini.

Menurut salah seorang panitia pelaksana MOKA 2017, Jiki Zulkarnaen, ada perbedaan perhelatan Moka tahun ini dengan tahun – tahun sebelumnya. “Moka tahun  ini, memiliki tingkatan baik dari segi kuantitas jumlah peserta yang daftar sampai dengan kualitas yang dihasilkan nanti. Kualitas yang paling diutamakan adalah dari segi pelaksanaanya,” ujar Juki, Selasa (25/7/2017).

Jumlah pendafatar MOKA 2017 mencapai 140 kemudian yang lolos penjaringan hanya 30 terdiri dari 15 Mojang dan 15 Jajaka. Salah satu kriteria para peserta MOKA berusia 18 sampai 23 tahun, peserta bisa dari kalangan mahasiswa aktif, D3 dan S1.

“Para calon peserta MOKA harus memiliki etika serta memiliki wawasan dan berbudi pekerti yang baik, menguasai bahasa asing dan menguasai salah satu kesenian tradisional,” papar Jiki.

Dijelaskan Juki, dalam tahap penyeleksian dibagi menjadi tiga wilayah audisi yaitu, tingkat Regional Ciawi, Regional Ciampea dan Regional Cibinong.

“Kemudian para peserta MOKA akan dikarantina selama 4 hari. Saat proses karantina berlangsung, para peserta diberikan kegiatan berupa tes dan pembinaan materi terutama seni dan budaya,” papar Jiki.

Dia menambahkan, hari kehari, tahap ketahap telah dilalui para peserta MOKA Bogor. Tepat pada Senin 24 Juli 2017 kemarin, MOKA Bogor telah menghasilkan juara 1 yang dijatuhkan kepada Mila Alawiah sebagai Mojang Bogor dan Irfan Zulfauzi sebagai Jajaka Bogor. “Adapun hadiah yang diberikan kepada pemenang adalah sepeda motor dan tiket liburan ke Bali,” terangnya.

Sebagai informasi, MOKA selalu diselenggarakan setiap tahunnya di berbagai kota maupun kabupaten di seluruh Jawa Barat. Mojang jajaka terpilih, nantinya akan membantu atau bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata untuk membantu mempromosikan pariwisata Kabupaten Bogor. (Diana MG)

loading...