LEUWISADENG TODAY – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72,  Yayasan Panca Bakti dan Pondok Pesantren Ash – Habib Aziziyah milik komedian Azis Gagap bersama Tim para medis Sahaja menggelar bhakti sosial pengobatan gratis kepada masyarakat di Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Sabtu (19/8/2017).

Ketua Yayasan Pondok pesantren Ash- Habib Aziziyah, Azis Gagap mengatakan, kegiatan baksos dengan mengandeng tim kesehatan Sahaja tujuannya selain mengecek kondisi kesehatan para santri dan warga setempat, keberadaan ponpes ini agar lebih dekat dan berbaur dengan masyarakat.

“Keberadaan Ponpes ini berawal dari padepokan hingga menjadi pesantren dan sudah delapan tahun berjalan, dengan santri yang belajar di ponpes Ash – Habib Aziziyah ini, dari berbagai daerah seperti dari Bekasi, Jakarta dan Bogor yang Mayoritas dari kaum Dhuafa dan yatim,” ujar Azis Gagap.

Ia menambahkan, keunikan pondok pesantren ini lebih memunculkan jiwa santri yang bisa berwirausaha, sehingga ketika mereka keluar dari pondok sudah bisa menjadi seorang pengusaha ataupun wirausahawan.

“Tidak hanya belajar  Alquran, mereka (santri, red) juga diajarkan berwirausaha ternak ikan, kambing, kelinci, dan budidaya jamur, serta lain – lainnya,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan SMK Panca Bhakti , Yudha Prananda menambahkan, kegiatan baksos rencananya akan dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Kali ini dilakukan di Yayasan Pondok pesantren Ash- Habib Aziziyah. “Dan tim para medis Sahaja sengaja kami gandeng untuk melakukan pengobatan secara gratis kepada masyarakat,” papar Yuda.

Banyak hikmah yang bisa di petik dari kegiatan ini, dari mulai memberikan hak tentang kesehatan anak mereka bisa lebih menjaga kesehatan tubuhnya dan lingkungan di Ponpes mau pun disekolah serta dilingkungan masyarakat sekitar. “Kegiatan pengobatan gratis ini sasarannya siswa SMK Panca Bakti, wali murid, santri ponpes Ash – Habib Aziziyah dan warga sekitar,” bebernya.

Terpisah,  Tim Medis Kesehatan Sahaja, Dika (27) menuturkan, tim medis kesehatan sahaja yang kami terjunkan kelokasi baksos ada sepuluh  personil, diantaranya dua orang dokter, dan delapan orang perawat.

Kebanyakan yang berobat mengeluhkan sakit kulit, anemia dan pusing, sehingga diberikan obat kulit bagi yang menderita sakit kulit, dan bagi yang mengeluhkan sakit pusing diberikan vitamin.

“Mudah-mudahan kegiatan sosial ini bisa bermanfaat dan dapat dirasakan oleh masyarakat dan yang lainnya. Kami selalu siap untuk memberikan pelayanan secara gratis bagi masyarakat apabila dibutuhkan,” singkat Dika. (Asep TB)

loading...