CIBINONG TODAY – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Republik Indonesia, Hanif Dhakiri meminta Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) dapat membantu Pemerintah untuk mengurangi kesejangan sosial yang saat menjadi tantangan Nasional.

Dengan tumbuhnya pengusaha baru dibawah HPN tentu manfaat ekonominya akan besar bagi perluasan kesempatan kerja maupun pemerataan ekonomi. “HPN harus bersinergi dengan semua pihak untuk bisa mengoptimalisasika, dengan harapan bisa membantu pemerintah untuk menggenjot potensi ekonomi yang ada di masyarakat,” ujar Hanif saat menghadiri pelantikan pengurus HPN Kabupaten Bogor, dan seminar kewirausahaan Gedung Serba Guna II, Cibinong, Selasa (28/2/2017).

Namun menurut Hanif masalah kesejangan memang sudah menurun, akan tetapi menjadi tantangan besar, karena hampir sepertiga masalah kesejangan sosial. Seperti contoh, kesejangan keterampilan yang berimbas pada menciptakan kesejangan pekerjaan. Pemerintah mendorong penguatan akses mutu dan pelatihan kerja agar masyarakat memiliki keterampilan dan kompetensi agar bisa masuk kawasan industri atau mengembangankan wirausaha mandiri.

“Memang saat ini angka kemiskinan turun diangka 10,1%, kesejangan sosial 0,39% dan pengangguran 5,61% secara statistik semuanya menurun, namun kita harus bergerak cepat, berkarya luar biasa agar pertumbuhan ekonomi Indonesia terus meningkat,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bogor, Nurhayanti mengatakan, dalam pembangunan daerah, terdapat tiga domain yang memiliki peran signifikan, yaitu Pemerintah, investor atau sektor swasta dan dunia usaha serta organisasi masyarakat sipil. Tingkat keterlibatan berbagai variasi fungsi dan peranan berdasarkan perbedaan kepentingannya masing – masing.

“Guna menjamin tercapainya tujuan tersebut, perlu dibangun persepsi yang sama dalam memandang pembangunan daerah sebagai tanggung jawab bersama antar unsur stakeholders berdasarkan prinsip kerjasama dan kemitrasejajaran,” ungkap Nurhayanti.

Sebelumnya, dalam sambutannya Ketua HPN Kabupaten Bogor terpilih, Lukamnudin mengatakan dengan semangat Nahdatut tujar (kebangkitan Ekonomi) akan meraih kembali semangat Ekonomi di masa ini. “HPN nantinya akan menjadi wadah bagi penggiat UMKM khususnya yang bernaung dalam Nahdlatul Ulama (NU),” tegas Lukman – sapaan akrabnya. (Iman R Hakim)

loading...