CIGUDEG TODAY – Untuk mencari generasi muda potensial dibidang Qori dan Qoriah tilawatil Quran terbaik se Kecamatan Cigudeg, Pemerintah Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor menggelar lomba MTQ tingkat Kecamatan ke-40 dengan peserta lomba MTQ  berasal dari 15 Desa di wilayah Cigudeg. Lomba dilaksanakan selama dua hari  dengan tema ‘Mengajak Masyarakat Mengaji di Setiap Rumah’.

Pembukaan MTQ di awali dengan pawai ta’aruf yang diikuti seluruh kepala desa, Muspika Kecamatan, MUI Kecamatan, dan tokoh masyarakat, hingga pelajar.

Pawai Ta’aruf ini dimulai dari kantor PTPN VII Cikasungka dengan finis di kantor Kecamatan Cigudeg.

Camat Cigudeg, Acep Sajidin menuturkan, kegiatan ini dilakukan demo memotivasi warga, maka dilakukan penilaian dan pemberian hadiah kepada tiga desa terbaik .  Lomba MTQ tingkat Kecamatan dilakukan untuk menjaring para kafilah dari setiap desa untuk mewakili lomba MTQ di tingkat Kabupaten Bogor yang akan diselenggarakan Oktober 2017 di Kecamatan Jasinga.

“Untuk tema yang di pilih di MTQ Kecamatan Cigudeg yaitu ‘Mengajak Masyarakat Mengaji di Setiap Rumah’ dengan tujuan masyarakat lebih memahami kandungan dan arti yang ada di al quran sehingga bisa impelementasi di kehidupan sehari – hari. Setelah lolos di tingkatkan Kecamatan,  mereka bakal di berikan pembinaan di pesantren  sehingga menghasil para Qori dan Qoriah tilawatil Quran terbaik,” ujar Acep saat ditemui di ruangannya pada Kamis 27 Juli 2017 kemarin.

Sementara itu, Ketua Panitia Kegiatan MTQ Kecamatan Cigudeg Tirta menambahkan,  persiapan untuk lomba ini sudah dilakukan sejak 24 Juli 2017 dengan semaksimal mungkin, agar menghasilkan kafilah terbaik.

Sebelumnya pada lomba MTQ ke-39 tingkat kabupaten, Kecamatan Cigudeg meraih juara dua.

“MTQ ke-40 kita persiapkan dengan baik, agar dapat meningkatkan prestasi yang telah diraih saat lomba kemarin,” ujar Tirta.

Untuk peserta yang mengikuti lomba MTQ, sambung dia, hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 102 peserta yang telah mendaftar dari delapan cabang yang dilombakan dengan  juri tingkat Kabupaten Bogor.  peningkatan Jumlah peserta ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dalam penampilan para peserta sehingga muncul peserta terbaik yang akan mewakili Kecamatan Cigudeg pada MTQ tingkat Kabupaten Bogor.

“Kita harapkan MTQ tingkat Kabupaten ke 40 di Kecamatan Jasinga, Kecamatan Cigudeg bisa menjadi juara satu,” tukasnya. (Albi)

loading...