JAKARTA TODAY – Brokoli merupakan sumber makanan yang paling sehat karena mengandung berbagai macam nutrisi. Setiap 156 gram brokoli atau setiap satu gelas sajian brokoli dapat memenuhi berbagai kebutuhan jenis nutrisi seperti vitamin C, K, B5, A, B2 B6, E, BI, B3, kolin dan folat.

Ada juga kandungan sulfur, beta karotin, hingga anti oksidan yang bisa memperbaiki berbagai kerusakan tubuh karena kanker, detoksifikasi tubuh dan meningkatkan kesehatan kulit serta menjaga kesehatan saluran pencernaan, menjaga daya tahan tubuh hingga kesehatan tulang.

Mengingat manfaat brokoli yang begitu besar, yuk pagi ini sarapan brokoli. Anda bisa membuat hidangan spesial dari brokoli yakni Brokoli Panggang Keju. Dikutip dari buku Kalender Resep Sedap Santap Sebulan karya Puspa Swara dan Wulan Sucipto, berikut resep membuatnya.

Bahan-bahan:
300 g brokoli, potong sesuai kuntum
1 sdm mentega untuk olesan
Saus keju
1 sdm mentega
100 g bawang bombai, cincang kasar
3 siung bawang putih, geprek
50 g krim kental
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam
50 g keju parut (keju mozzarella, cheddar, atau parmesan)

Cara membuat:

Kukus brokoli sampai setengah matang, angkat, dan tiriskan. Untuk saus keju, panaskan mentega, tumis bawang bombai, dan bawang putih sampai layu. Masukkan krim kental, aduk rata. Taburi merica bubuk dan garam. Aduk rata dan angkat.

Siapkan pinggan tahan panas, oles dengan sedikit mentega, susun brokoli, siram dengan saus keju. Taburi keju parut. Panggang dalam oven 180 derajat celcius selama 15 menit. Angkat. Brokoli panggang keju siap disajikan. (Net)

 

loading...