UKM

CIBINONG TODAY – Siapa mengira, Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Bogor telah mendunia. Buktinya, Negeri Selangor Malaysia melirik Potensi UMKM Kabupaten Bogor dan telah melakukan kunjungan kerja ke Bumi Tegar Beriman.

Encik Affandi Nordin merupakan Presiden Kelab Kebajikan dan Rekreasi Pejabat Pembangunan Persekutuan Negeri Selangor, ICU Jabatan Perdana Menteri mendatangi Pendopo Bupati Bogor dan diterima langsung Bupati Bogor Nurhayanti pada Jumat 11 Pebruari 2017 lalu.

“Kami sangat tertarik program Kabupaten Bogor terutama UMKM nya, karena mengulirkan sistem One Village One Produk. Sedangkan di Selangor, satu daerah satu produk, maka banyak potensi yang bisa di ambil dalam kunjungan kerja ini,” ucap Encik Affandi Nordin.

Banyak potensi kerajinan yang bisa diambil di Kabupaten Bogor. Para pengusaha Malaysia berkunjung ke Kabupaten Bogor untuk menjalin kerjasama dengan para pelaku UMKM. “Saya berharap setelah kunjungan ini tidak berakhir begitu saja ada kerjasama dan jaringan untuk kedepannya,” pintanya.

Sementara itu, Bupati Bogor Nurhayanti mengatakan, jumlah UMKM Kabupaten Bogor sekitar 18 ribu dan terus diberikan pelatihan dan juga permodalan agar terus berkembang. Mengingat, Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) paling rendah dialam jual beli, maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor terus mendorong pelaku UMKM dari mulai hulu sampai hilir.

“Perkembangan UMKM di Kabupaten Bogor mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya. Hal itu dapat dilihat laju pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bogor yang meningkat 4 hingga 6 per tahun. Tentunya, diharapkan mampu menekan angka pengangguran di Kabupaten Bogor,” kata Nurhayanti.

Nurhayanti berharap, kedepan ada kerjasama yang dijalin antara Pemerintah Kabupaten Bogor dan Negeri Selangor Malaysia. “Sehingga masyarakat kedua daerah dapat memperoleh manfaat yang positif,” tandasnya. (Iman R Hakim)

loading...