JAKARTA TODAY- Pelatih timnas Indonesia, Luis Milla belum bisa memastikan gaya bermain Timnas Indonesia di bawah arahannya dalam dua tahun ke depan. Selama ini Milla yang besar di kultur sepak bola Spanyol dipercaya bakal membawa gaya bermain umpan-umpan pendek yang jadi ciri khas tim-tim Spanyol. Milla sendiri belum bisa memberikan jawaban pasti mengenai hal tersebut. “Saat ini saya sedang bekerja dengan tim yang ada di federasi khususnya direktur teknis. Saya masih harus beradaptasi dengan para pemain yang ada di Indonesia dan pemain-pemain tersebut juga harus beradaptasi dengan saya. Yang pasti kedua belah pihak harus saling nyaman,” tutur Milla.
Timnas_Indonesia_vs_Vietnam___vs_Vietnam
Milla sendiri bakal mulai bergerak dengan menyelenggarakan seleksi untuk pembentukan Timnas Indonesia dalam dua pekan mendatang. “Kami akan lakukan seleksi pertama pada 22, 23, 24 Februari. Ini seleksi tahap pertama dan akan ada tahap kedua satu pekan setelahnya. Kami akan lakukan seleksi 22 pemain lapangan dan 3 orang kiper, daftarnya dibuat federasi karena mereka lebih tahu tentang pemain,” ujar Milla. Dalam dua tahap tersebut, Milla berharap dapat memiliki penggawa-penggawa timnas yang bermain dengan kompetitif dan berintegritas. “Kami ingin punya kompetensi yang baik antar pemain, dan pemain tersebut harus memiliki nilai-nilai menghargai antara anggota tim,” kata Milla.

Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin secara terpisah menyatakan sebelum tahap seleksi Milla memantau gelaran Piala Presiden yang saat ini tengah berlangsung. Dalam dua tahap seleksi tersebut, kata Hanif, Milla akan melihat langsung secara cermat kualitas pemain Indonesia. “Dalam tahap pertama itu nanti Milla lihat apakah mereka bisa ikut metode dia, dan apakah ke-25 pemain itu cukup memenuhi standar Milla. Setelah tahap pertama, tiga hari selanjutnya dia akan bikin assesment. Tentu kalau ada yang tidak sesuai standar dia, bisa dicoret dan dicari penggantinya,” ucap Hanif.

Milla mengatakan akan pergi nonton Piala Presiden mulai tanggal 11 Februari, sembari mengumpulkan data-data dengan melihat pemain-pemain yang berlaga di sana. “Kami akan coba nonton semua pertandingan yang tersisa (Piala Presiden) melalui TV dan secara langsung. Tapi secara pribadi, saya suka nonton langsung,” ujar Milla.

“Dan juga untuk pilihan pertandingan, kami pilih pertandingan dimana ada pemain berteknik tinggi dan berkualitas. Pertandingan yang ada pemain seperti itu yang jadi ada prioritas.” (Yuska/cnn)

loading...