JAKARTA TODAY – Pembangunan Light Rail Transit (LRT) tahap pertama akhirnya selesai. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, saat ini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan uji statis dan uji dinamis untuk memastikan fasilitas itu siap beroperasi sebelum Asian Games 2018.

“Konstruksinya sudah 100 persen, uji statis dan dinamisnya sedang berlangsung,” kata Sandiaga di Kelurahan Rawaterate, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (5/8).

“Bagus. Saya tadi pesan karena menyangkut angkutan massal dan publik kita lagi finishing. Keselamatan itu diutamakan,” kata Budi di Stasiun LRT Kelapa Gading.

Di sisi lain, LRT Palembang, Sumatera Selatan, telah rampung dikerjakan. Fasilitas itu telah menjalani serangkaian uji coba sejak Mei. Awal bulan ini, dalam uji coba penumpang, LRT Palembang sempat mengalami mogok atau berhenti mendadak.

PPK LRT Palembang Suranto mengatakan, kejadian tersebut bukan disebabkan karena hujan deras, melainkan kendala teknis pada sistem pengamanan operasional LRT Palembang. Pada saat kejadian, jelasnya, sensor pintu mengeluarkan indikator bahwa masih ada pintu LRT yang terbuka.

“Indikator ini juga terbaca di kabin masinis. Karena indikator menunjukkan buka, awak sarana LRT Sumatra Selatan mengadakan pengecekan kembali untuk memastikan bahwa pintu kereta sudah benar-benar tertutup,” jelas Suranto.

Namun indikator pada sensor pintu tersebut masih terus menyala. Hal itu mengakibatkan mode stand by LRT menyala, sehingga membuat rangkaian tidak bisa dijalankan karena kondisi tersebut.

Saat ini, LRT Palembang yang akan digunakan saat Asian Games 2018 dan transportasi umum baru itu pada tahapan uji coba dengan menggunakan dua train set yang sudah diuji dan tersertifikasi. Sedangkan enam train set LRT lainnya masih terus dikejar penyelesaian masa uji dan sertifikasinya. (Net)

 

loading...