lrtCIBUBUR TODAY– Perkem­bangan fisik proyek kereta api ringan alias light rail tran­sit (LRT) koridor Cibubur- Cawang telah mencapai 10%. Mega proyek yang dikerjakan PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini ditarget rampung pada ta­hun 2018 mendatang.

Proyek transportasi den­gan panjang lintasan menca­pai 14,3 km ini akan dileng­kapi dengan sejumlah stasiun, tersebar dari mulai Cawang sampai dengan Cibubur. “Dari Cawang, nanti ada stasiun awal di sana. Itu akan dibuat melayang, lalu akan masuk lalu kita masuk menggunakan lahan di samping jalan Tol Jag­orawi. Pembangunannya akan memakai sisi sebelah kiri jalan tol Jagorawi,” kata Kepala Di­visi Konstruksi Departemen LRT PT Adhi Karya, Iman­uddin Setia ditemui di lokasi proyek, Rabu (17/8/2016).

Begitu memasuki sisi kiri jalan tol, sebagian lint­asan terutama yang berlo­kasi dekat dengan Bandara Halim Perdana Kusuma akan dibuat menapak di tanah. “Tidak melayang karena itu adalah approach zone-nya Bandara Halim. Jadi tidak dibuat melayang,” jelas dia.

Namun, begitu mendekati Taman Mini Indonesi In­dah (TMII), lintasan kembali dibangun melayang. Di titik ini tepatnya di dekat lokasi Tamini Square akan dibangun stasiun kedua pada koridor Cibubur-Cawang.

Lintasan berlanjut men­garah ke Bogor, dibangun melayang di sisi kiri Jalan Tom Jagorawi. “Begitu ber­temu flyover Pasar Rebo, lintasannya pindah ke kanan. Karena di Kampung Rambu­tan, akan kita buat stasiun juga di sebelah kanan jalan tol Jagorawi,» sambung dia.

Pembanguan lintasan ber­lanjut lagi di sisi kanan jalan tol Jagorawi sampai kawasan Cibu­bur. Dari sini akan dibangun lagi stasiun di kawasan Ciracas dan terakhir di Cibubur untuk kori­dor Cibubur-Cawang. “Nantin­ya dari Cibubur akan masuk lagi sampai Bogor. Tapi itu tahap kedua, tahap satunya sampai Cibubur dulu,” pungkas dia.

Koridor LRT Cibubur- Cawang sendiri merupakan bagian dari pekerjaan tahap pertama proyek LRT Jakarta Bogor Depok Bekasi ( JABO­DEBEK). Bersama koridor Cibubur-Cawang, tengah dik­erjakan juga koridor Bekasi- Timur Cawang sepanjang 18,3 km dan Cawang Dukuh Atas sepanjang 10,5 km.(Yuska Apitya/dtk)

loading...