CIBINONG TODAY – Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (P2SMTP) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pusat, sambangi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor.

Hal itu dilakukan untuk menjalin sinergitas dan sharing, dalam rangka mendorong para pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) dalam meningkatkan daya saing baik tingkat nasional maupun internasional. Melalui pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Rabu, (26/4/2017).

Kepala Bidang Tata Usaha (P2SMTP) LIPI Pusat, Ade Khaerudin Taufiq mengatakan, kunjungan dilakukan dalam rangka membangun kerjasama dalam mendorong dan membantu mengembangkan para pelaku UKM di seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Bogor. Agar menjadi UKM unggul dan berdaya saing dengan para pelaku UKM Internasional dalam mempromosikan berbagai produk Indonesia melalui pemanfaatan teknologi informasi komunikasi.

“Ini kami lakukan agar para pelaku UKM di negeri ini responsive dan cerdas dalam memanfaatkan teknologi. Kami berharap melalui pertemuan ini bisa menjalin kerjasama untuk bersama-sama meningkatkan mutu pelayanan UKM, kualitas UKM, dan daya saing UKM kita di kancah Internasional,” tegas Ade.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kabupaten Bogor, Wawan Munawar Sidiq menuturkan, untuk mendorong meningkatkan kualitas, daya saing, dan pengembangan UKM di Kabupaten Bogor. Pihaknya telah berupaya mendorong publikasi berbagai produk UKM melalui berbagai media, mulai dari sosialisasi di Radio Tegar Beriman, Website, videotron hingga membuat aplikasi E-Bisnis sebagai wadah promosi seluruh pelaku UKM di Kabupaten Bogor.

“Tahun ini kita tengah mengembangkan inovasi baru yakni aplikasi E-Komoditi, aplikasi tersebut tidak hanya wadah promosi UKM, akan tetapi menjadi reperensi harga bagi masyarakat mulai dari harga sembako, perikanan peternakan dan pertanian,” tutur wawan.

Ia juga sangat mengapresiasi kepercayaan yang diberikan pihak P2SMTP terhadap Diskominfo Kabupaten Bogor. “Alhamdulilah kami sangat bersyukur, tentu kerjasama ini sangat baik tidak saja untuk kami tetapi untuk masyarakat Kabupaten Bogor itu sendiri,” tukasnya. (Iman R Hakim)

loading...