CIBUNGBULANG TODAY – Lahan produksi pertanian di Desa Cimanggu II, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor hilang 50 persen akibat banyaknya lahan pertanian yang beralih fungsi menjadi perumahan.

Anggota DPRI Komisi IV Ihsan Firdaus kepada para petani dalam acara sosialisasi bahwa lahan produksi pertanian sangat berpengaruh pada hasil tani itu sendiri.

“sekarang sudah banyaknya lahan pertanian sudah banyak ahli fungsi. Tentu ini akan mempengaruhi produksi para petani itu sendiri,” terang Anggota DPRI Komisi IV Ihsan Firdaus saat melakukan sosialisasi kepada para petani di aula Kantor Desa Cimanggu II.

Ihsan dari Fraksi Partai berlambang beringin itu pun menegaskan banyaknya lahan pertania yang banyak dialih fungsikan menjadi perumahan dan pabrik pabrik ini tentunya harus menjadi perhatian semua pihak.

“Ia memang secaraa pengawasan ini menjadi tugas pemerintah pusat. Namun pemerintah setempat juga harus hadir agar ketahan pangan yang merupakan program pemerintah dapat terwujudkan,” kata Ihsan.

Lebih tegas ia menyatakan dalam undang undang. Namun sayang pihaknya lupa menyebutkan secara rinci Undang undang itu. Dengan tegas siapa yang sengaja dan merayu para petani untuk menjual lahan agar dialih fungsikan itu harus mendapat sangsi keras.

“Di Undang Undang ada tapi saya lupa nomor berapa, di situ ( UU) tertulis ada sangsi tegas bagi pejabat daerah yang mengalih fungsikan lahan pertanian,” tegasnya.

Sementara Kepala Desa Cimanghu II Senan membenarkan lahan pertanian di desanya itu hilang setengahnya untuk dijadikan peumahan.”Hilang 50 persen banyak beralih fungsi,” kata Senan.

Meski demikian Kata Senan ia meminta kepada para Petani yang ada di Desa Cimanggu II agar bisa memanfaatkan lahan yang tersisa.

“yah para petani harus bisa memanfaatkan lahan pertanian yang ada agar hasil taninya lebih banyak dan meningkat,” tukasnya. (Albi)

loading...