JONGGOL TODAY – Tidak hanya lahan pertanian yang jumlahnya semakin menyusut, masyarakat desa dihadapkan dengan sulitnya mencari petani. Jumlah petani semakin berkurang, salah satunya di Kecamatan Cariu dan Tanjungsari. Meski memiliki 5.176 hektar lahan pertanian, jumlah petani yang menggarap lahan tersebut tak berimbang.

“Kalau di sini sudah pada tua pak. Makannya kita berkumpul berbicara agar yang muda ini tidak hanya cari kerja, tetapi membangun pertanian dan berwirausaha,” ujar petani Muda Desa Tegal Panjang, Darus Badruddin kepada wartawan.

Menurutnya, kekurangan pertani lantaran generasi muda banyak yang merantau dan bekerja. Sementara, para orang tua yang meladang di kebun dan disawah sudah semakin berkurang.

“Bagaimana agar petani difasilitasi dan membangun karekter dengan pemikiran maju seperti jaman sekarang,” katanya.

Kepala UPT PTPH Cariu pada Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Tatang Mulyana menjelaskan, saat ini Kecamatan Tanjungsari memiliki 4.562 petani. Sedangkan Kecamatan Cariu terdapat 4.381 petani dengan total keseluruhan 8.943 petani. (Asep B)

loading...