BOGOR TODAY- Kota Bogor akan mengujicobakan program car free night pada Sabtu (29/3), malam, di Jalan Sudirman. Program ini untuk mengakomodir aktivitas warga di satu titik yang lebih terkonsentrasi.

Car free night ini ide awalnya dari Kapolresta Bogor Kota, tujuannya untuk lebih memusatkan konsentrasi masyarakat di satu titik dalam menikmati aktivitas di libur akhir pekan,” kata Kepala Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Bogor, Rakhmawati, Jumat (28/4).

Ia mengatakan, wacana untuk melaksanakan ‘car free night’ (CFN) telah disampaikan kepada jajaran Muspida Kota Bogor. Kemudian disepakati untuk melakukan uji coba kegiatan tersebut.

Menurut Rakhmawati, setiap akhir pekan mulai dari Sabtu malam, suasana di Kota Bogor cukup padat dan ramai oleh aktivitas masyarakat yang menikmati liburan di sejumlah titik. Seperti di Taman Air Mancur, Taman Sempur, dan sejumlah taman lainnya. Dan setiap malam minggu, jajaran Muspida melakukan patroli gabungan skala besar dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Melihat situasi ini, maka timbul niat bersama untuk melakukan suatu upaya agar aktivitas masyarakat bisa kita arahkan ke hal-hal yang lebih positif dengan adanya car free night,” kata mantan Camat Bogor Tengah ini.

Uji coba car free night Sabtu malam akan berjalan selama empat jam, yakni dari pukul 19.00 sampai dengan 22.00 WIB. Lokasinya sama dengan titik dilaksanakannya car free day yang berlaku setiap hari Ahad pagi.

“Pola dan teknis car free night sama seperti car free day (CFD) untuk tahap uji coba ini kita melakukannya di Jalan Sudirman, untuk melihat situasi dan kondisi,” katanya.

Menurut Rakhmawati, uji coba dilakukan untuk melihat sejauh mana car free night bisa diberlakukan. Uji coba akan dievaluasi pada hari Selasa (2/5), apakah bisa dilakukan rutin atau tidak. “Jadi tidak harus di Jalan Sudirman, bisa jadi berpindah lokasi dan tidak permanen setiap akhir pekan. Bisa jadi cuma sebulan sekali. Ini melihat situasi yang ada,” katanya.(Yuska Apitya)

 

loading...