CARIU TODAY – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, kembali melakukan pembinaan terhadap ratusan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) wilayah Kecamatan Cariu. Hal itu dilakukan guna menciptakan masyarakat informatif, tidak hanya cerdas memanfaatkan informasi akan tetapi mampu menyajikan dan mengelola informasi publik dengan baik.

Kepala Seksi Pengelolaan Sumber Daya dan Layanan Publik Diskominfo Kabupaten Bogor, Dini Saomi menuturkan, di era keterbukaan teknologi informasi peran Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sangat diperlukan terutama menangkal besarnya potensi informasi yang simpang siur terkait dengan kebijakan pemerintah. Dengan senantiasa menyebarkan informasi positif terhadap masyarakat luas hingga wilayah tingkat Desa.

“Berita simpang siur merupakan berita hoax atau bohong saat ini tengah menyerang masyarakat akibat perkembangan teknologi yang semakin canggih. Untuk itu pembinaan KIM terus kami tingkatkan, guna melahirkan KIM Profesional, yang diharapkan mampu menangkal informasi hoax tersebut. KIM berperan sebagai filter, sehingga masyarakat mampu memanfaatkan informasi untuk meningkatkan perekonomian, pengetahuan dan kreatifitas masyarakat,” ujar Dini, Selasa (1/8/2017).

Sementara itu, Camat Cariu, Didin Wahidin mengatakan, pihaknya berharap melalui pembinaan itu KIM wilayah Cariu menjadi agen informasi terhadap masyarkat dan gabungan kelompok tani. Mengingat potensi cariu didominasi di bidang pertanian, sehingga mereka mampu memanfaatkan informasi dan teknologi dalam mengembangkan pertanian di wilayah Cariu guna menghasilkan produk pertanian unggul dan berkualitas.

“Saya berharap pembinaan ini rutin dilakukan di wilayah kami, alhamdulilah peran KIM Cariu memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan pengetahuan dan kreatifitas kelompok tani wilayah Cariu. Bahkan salah satu Gapoktan Sanggabuana berhasil maju lomba di tingkat Nasional. Kedepannya saya ingin KIM bisa jadi fasilitator pengembangan wilayah Cariu melalui cyber media,” terang Didin. (Iman R Hakim /*)

loading...