CIBINONG TODAY – Sebagian besar masyarakat tentu sudah mengenal pasukan orange milik Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor, namun tidak semua masyarakat mengetahui alat apa yang digunakan fireman saat berperang melawan si jago merah.

“Alat – alat yang digunakan petugas pemadam kebakaran pada saat di lapangan yaitu, wearpack safety, helm, nozzle (pemancar air), alat pemotong besi,  sepatu, sarung tangan tahan api, mobil pemadam kebakaran, gergaji listrik, selang air, tali, gunting, kampak, baju tahan api, alat pemadam api ringan (ampar) bahkan ada juga helikopter untuk kebakaran dihutan,” papar Staf Fungsional Umum Damkar Kabupaten Bogor, Maulana, Jumat (4/8/2017).

Dijelaskan Maulana, saat ini Damkar Kabupaten Bogor memiliki 85personil dibagi menjadi 3 wilayah yakni, untuk Kecamatan Ciawi 17 personil, Kecamatan Leuwiliang 15 personil dan sisanya di Kecamatan Cibinong. “Yang di Cibinong pun dibagi 3 grup yaitu, prayoga, tohaga, sayoga,” jelas Maulana.

Damkar memiliki moto ‘pantang pulang sebelum padam’ tugas mulia ini dijalani 85 personil pemadam kebakar tanpa pamrih. “Tentunya, sebelum petugas terjun ke lapangan atau lokasi kebakaran, terlebih dahulu diberikan pelatihan, mulai dari 1 bulan ada juga yang 2 bahkan 3 bulan. Setelah lulus dan sudah mendapatkan sertifikat baru boleh terjun kelapangan,” tuturnya.

Untuk bisa bergabung menjadi pasukan orange, wajib memiliki ijazah SMA atau S1. Untuk lulusan SMA sederajat diberi nama anggota satuan relawan kebakaran (Satlakar) dan ditempatkan di tiap kecamatan. “Dan tugasnya 24 jam kerja,” tandasnya. (Fathya MG)

loading...