CIBINONG TODAY – Brucella adalah penyakit yang terdapat pada sapi. Brucella Abortus sering menginfeksi sapi yang sedang bunting. Brucella abortus merupakan bakteri yang sering hidup di daerah peternakan.

“Penyakit tersebut bisa menyebabkan sapi menjadi kurus dan mengalami keguguran atau proses kebuntingannya menjadi sangat lama. Pada sapi yang sedang mengandung disaat trimester ketiga, ” ujar Kasi Pengawas Kesmavet Pemotongan Hewan, Dinas Perikanan dan Perternakan (Disnakan) Kabupaten Bogor,  Drh. M.Toif Hidayatullah beberapa waktu lalu.

Penyakit ini, lanjut Toif, sangat rentan berada di Kabupaten Bogor salah satunya didaerah pertenakan Cisarua dan Ciawi sejauh ini penyakit tersebut sudah banyak dialami oleh sapi sehingga mengakibatka keguguran, lahir sebelum waktunya, mati, lahir lemah, produksi turun, anak yang gugur mati akan berwarna biru kecokelatan. Anak sapi yang lahir hidup akan menjadi sangat lemah tidak berkembang. Dan mengakibatkan kerugian ekonomi.

“Cara pencegahannya kita harus memvaksin sapi yang sedang bunting ketika memasuki bulan ke 6, jika tidak di vaksin, tidak hanya sapi saja yang akan terkena penyakit tapi pihak dari pertenakan sendiri akan mengalami kerugian. Dari berkurangnya air susu sapi yang tadinya berliter-liter sekali di perah, jika terkena penyakit akan menjadi dua liter perharinya,” Jelasnya. (Diana MG)

loading...