BTNJAKARTA, TODAY – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) menjalin kerja sama dengan delapan badan usaha milik negara lainnya untuk mengem­bangkan perumahan. Salah satu kerja sama itu ialah antara BTN dengan PT Jasa Marga (persero) Tbk.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan keterlibatan BUMN guna memenuhi permintaan rumah yang semakin me­ningkat. “Jasa Marga, me­lalui anak perusahaannya, akan membangun rumah yang ada di pinggir tol,” kata Maryono di sela-sela acara Indonesia Properti Expo di Jakarta Conven­tion Center, Sabtu, 13 Agustus 2016.

Menurut dia, Jasa Mar­ga mempunyai sejumlah lahan di pinggir tol yang bisa dijadikan hunian di sekitar kawasan Jakarta dan sekitarnya. Selain dengan Jasa Marga, BTN juga menggandeng PT Wijaya Karya (persero) Tbk, PT Garuda Indonesia (persero) Tbk, dan Perum Perumnas.

Maryono menutur­kan setiap BUMN mem­punyai kerja sama yang berbeda. Sejauh ini calon konsumen yang berminat menghuni di lahan Jasa Marga ada 2 ribu orang dengan nilai hunian sebe­sar Rp 200 juta – Rp 300 juta.

Demi mendukung pro­gram pemerintah yang in­gin membangun satu juta rumah, kata Maryono, BTN berupaya membantu dengan memberikan pem­biayaan. Dari satu juta unit itu, ia mengatakan, BTN telah berkomitmen membangun 570 ribu rumah. “Realisasi hingga Juni 2016 sudah memban­gun 220 ribu unit rumah,” ucapnya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljo­no menyatakan pada 2015 pemerintah telah me­nyediakan 690 ribu unit rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Basuki berharap di 2016 ini penyediaan rumah bagi masyarakat ber­penghasilan rendah bisa melampaui pencapaian 2015. “Per Agustus ini su­dah disediakan 400 ribu unit. Semoga bisa melam­paui,” kata dia.(net)

loading...