BANDUNG TODAY- Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian memutasi Inspektur Jenderal Anton Charliyan dari jabatan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Barat.

Berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/892/VIII/2017, posisi Anton akan digantikan oleh Kapolda Sumatera Selatan Irjen Agung Budi Maryoto.

Keputusan mutasi tersebut diedarkan lewat surat telegram nomor ST/2032/VIII/2017 yang salinannya diberikan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Komisaris Besar Martinus Sitompul kepada wartawan, Jumat (25/8). Anton nantinya akan menjadi Wakil Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kapolri. Lulusan Akademi Kepolisian 1984 itu menggantikan Irjen Alberto P Simanjuntak yang dipindahkan menjadi Perwira Tinggi Badan Intelijen Keamanan Polri dengan penugasan di Badan Intelijen Negara (BIN). Martinus mengatakan, mutasi ini merupakan kegiatan pembinaan karir yang biasa. “Ini penyegaran bagi suatu jabatan dan promosi bagi perwira,” katanya saat dikonfirmasi, Jumat (25/8).

Anton sempat mendapat teguran dari Tito lantaran mengeluarkan surat keputusan (SK) bernomor Kep/702/VI/2017 perihal kebijakan prioritas putra daerah dalam penerimaan calon taruna Akademi Kepolisian (Akpol) Jawa Barat tahun anggaran 2017 pada awal Juli silam.

Tito pun langsung memerintahkan Asisten Kapolri Divisi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membentuk tim khusus Divisi Profesi dan Pengamanan, serta Inspektorat Pengawasan Umum untuk mengkaji, mengevaluasi, dan mengambil alih proses seleksi penerimaan calon taruna Akpol Jawa Barat. (Yuska Apitya)

loading...