SUKAJAYA TODAY – Pemerintah Desa Sukamulih, Kecamatan Sukajaya Kabupaten Bogor, terus melakukan perbaikan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) untuk warga yang berpenghasilan rendah.

Di 2017 ini, Pemerintah Desa Sukamulih mendapatkan 80 unit bantuan RTLH dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, yang akan dilaksanakan dua tahap yang tersebar di tujuh RW.

Kepala Desa, Sukamulih Rukman Somad mengatakan, untuk  proses pembangunan RTLH dibagi menjadi dua tahap, pertama 40 unit RTLH, dan tahap kedua 40 unit yang akan kami sebar dibeberapa titik kampung di tujuh RW.

Sementara data base yang ada didesa ada sekitar kurang lebih 70 unit RTLH yang tersisa yang masih belum tersentuh pembangunan nya. Saya berharap sisa kuota data base yang ada di Desa Sukamulih dapat terselesaikan sesuai target Pemerintah Kabupaten Bogor ditahun 2018 mendatang.

“Dari jumlah data base desa Sukamulih total nya ada 300 unit lebih namun ditahun 2018 masih tersisa 70 unit RTLH yang belum dibangun. sementara sampai tahun 2017 ini sudah 230 unit RTLH yang sudah dibangun oleh Pemerintah Desa Sukamulih,” ujar Somad, Jumat (14/7/2017).

Dijelaskan Somad, tak hanya pembangunan jalan saja yang sudah dilaksanakan, namun perbaikan RTLH pun menjadi tugas utama kepala desa karna mengingat, indikasi kesejahteraan masyarakat salah satunya yakni masyarakat tinggal di rumah yang layak huni.

“Total keseluruhan RTLH di desa kami sebanyak 300 lebih, tapi sudah 230 unit RTLH yang dibangun. Tinggal sisanya 70 unit lebih RTLH lagi yang sedang kami perjuangkan. Saya optimis, selama saya menjabat jadi kepala Desa Sukamulih akan saya bereskan semua pembangunan  RTLH,” tandasnya.

Terpisah warga penerima RTLH Mumun (65) warga Kampung Bojong RT 01/04, merasa bersyukur dengan adanya program tersebut, karena sangat membantu untuk meningkatkan kesejahteraan bagi warga. “Kami bersama warga lainnya merasa bersyukur sekali atas bantuan yang diberikan pemerintah daerah dan Pemerintah Desa yang telah memperjuangkan masyarakat nya.

“Saya ucapkan banayk terima kasih atas bantuan semua pihak, karena dengan adanya program ini saya sangat terbantu sekali. Yang tadinya rumah saya banyak bocor dan mau ambruk sekarang sudah lumayan bagus,” tukasnya. (Agus)

loading...