BOGOR TODAY  Pegawai Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya (PD PPJ) bagian Kemanan, Ketertiban, dan Kebersihan (K3) Unit Pasar Kebon Kembang berhasil menggagalkan aksi pembobolan mesin ATM BNI di Blok B2 lantai 1 Pasar Kebon Kembang pada Rabu 12 Juli 2017 kemarin. Danru K3 Pasar Kebon Kembang Fahmi  menjelaskan kejadian tersebut terjadi pada pukul 19.00 WIB, saat itu kondisi pasar masih ramai oleh pedagang yang hendak pulang.

Upaya aksi pembobolan mesin ATM BNI ini pertama kali diketahui oleh I Made Oka, Staf K3 Pasar Kebon Kembang ketika hendak jalan turun melalui turunan motor Blok B2. Oka melihat pelaku di dalam ruang mesin ATM menggunakan jas hujan hitam dan topi kupluk sedang berusaha mencongkel mesin ATM.

“Saya langsung refleks memanggil rekan K3 yang piket Hendrik untuk menyaksikan kejadian tersebut,  sontak Hendrik pun meneriaki “Maling” kepada si pelaku yang mengancam dan menodongkan linggis sebagai alat pembobol,” kata Oka.

Pelaku panik kemudian berlari ke areal ikan hias lalu berlari menuju blok F. Namun pelaku terpojok di blok F dan dikepung oleh anggota K3 dibantu pedagang ikan hias. Anggota K3 Pasar Kebon Kembang berhasil menangkap pelaku dan mengamankan dari amukan masa di kantor unit Pasar Kebon Kembang hingga kedatangan pihak Kepolisian Polsek Bogor Tengah.

Di kantor unit Pasar Kebon kembang sembari menunggu kedatangan polisi, anggota K3 didampingi Babinmas dan Babinsa setempat serta anggota CPM yang sedang melintas mengintrogasi pelaku upaya pembobol mesin ATM tersebut. “Dari hasil introgasi tersebut diketahui pelaku berinisal H berasal Kelurahan Batutulis Kecamatan Kota Bogor Selatan Kota Bogor. Pelaku mengakui niat buruknya tersebut karena terhimpit hutang piutang dan mengakui baru satu kali beraksi,” bebernya.

Sementara itu, pihak Bank BNI langsung menuju TKP saat mendeteksi alarm mesin ATM menyala serta terputusnya sambungan kabel kamera CCTV yang berada di ruang ATM. Mesin ATM tersebut langsung diperbaiki oleh pihak Bank didampingi kepolisian. Saat ini mesin ATM tersebut sudah bisa digunakan kembali. Untuk kerugian material yang ditimbulkan oleh si pelaku pembobol masih dalam tahap proses pihak Bank. Saat ini pelaku pembobol mesin ATM tersebut sudah ditangani oleh Kepolisian Polsek Bogor Tengah. (Iman R Hakim)

loading...