NANGGUNG TODAY – Pemerintah Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor mengirimkan perwakilannya untuk diikut sertakan dalam lomba baca tulis dan ketrampilan keaksaraan dasar yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Siswa keaksaraan dasar yang mengikuti lomba baca tulis dan ketrampilan tingkat kabupaten Bogor yakni, Neneng (47) warga Panjaungan, RT 03/ 05, Desabatu Tulis, Kecamatan Nanggung yang telah menjuarai lomba baca tulis dengan menoreh prestasi menjadi juara satu tingkat kabupaten Bogor.

Tidak hanya itu, Pemerintah Kecamatan Nanggung pun mengirimkan peserta keterampilan yang diikuti oleh Euis Damayanti (36) warga Panjaungan, RT 02/ 05, Desa Batutulis, Kecamatan Nanggung juga ikut menjadi juara 3 lomba keterampilan ditingkat Kabupaten Bogor. Dari ke sembilan peserta tersebut hanya 2 peserta yang lolos dari Kecamatan Nanggung dan menjadi juara 1 dan 3 tingkat kabupaten Bogor.

Ketua Kelompok Mengajar (Pokjar) Kecamatan Nanggung, Neneng Julaeha mengatakan, dirinya sangat bangga apa yang telah diraih oleh muridnya hingga menjadi juara 1 dan 3 ditingkat kabupaten Bogor. Neneng menjelaskan, padahal tingkat buta aksara keaksaraan dasar di Kecamatan Nanggung masih tinggi. “Kami dan yang lainnya sebagai pengajar keaksaraan dasar terus dilakukan tanpa harus mengeluh,” ujar Neneng, Selasa (8/8/2017).

Sebab, lanjut dia, sangat berbeda sekali dalam melakukan belajar mengajar ibu lansia dengan siswa yang sekolah di SDN. Setiap melakukan belajar mengajar, dirinya dan pengajar lain harus sibuk dan sabar, karena para siswa siswi keaksaraan dasar kebanyakan petani. “Jadi kalau mau belajar mengajar kami harus keliling dulu untuk memanggil muridnya yang sedang bekerja di kebunnya masing – masing,” keluhnya.

Neneng optimis, kedepan akan terus lebih baik dari awal tidak bisa baca tulis muridnya pintar baca dan menulis. “Saya berharap murid keaksaraan dasar yang kami ajarkan kedepannya terus menuai prestasi sehingga bisa menjadi contoh bagi para peserta keaksaraan dasar didesa masing masing yang ada dikecamatan Nanggung. Sehingga telah menjuarai lomba baca tulis dan ketrampilan di tingkat kabupaten Bogor,” harapnya.

Terpisah, Camat Nanggung, Muliadi merasa bangga apa yang telah ditorehkan para peserta keaksaraan dasar yang telah menjadi juara 1 dan 3 untuk mewakili Kecamatan Nanggung berkat kerja keras Pokjar Desa Batutulis yang selalu sabar dalam mengajar keaksaraan dasar.

“Saya berharap kedepannya bisa menjadi motivator bagi desa lainnya, karena tingkat rata rata lama sekolah di Kecamatan Nanggung sebelumnya hanya 4,6 tahun, namun sekarang sudah ada peningkatan menjadi 5,6 tahun rata rata lama sekolahnya. Alhamdulillah ada perubahan dalam jangka waktu 6 bulan, sehingga tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) warga Nanggung meningkat,” beber Muliadi. (Albi)

loading...