SUKAJAYA TODAY – Lebaran Haji atau Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah, sudah di depan mata. Lebaran Haji ini menjadi momen yang paling ditunggu pedagang hewan kurban. Saat itu, permintaan akan melonjak tinggi. Alhasil, harga jual Kerbau, sapi, atau kambing pun ikut naik.

Haji Ocang (60) Pedagang hewan kurban yang biasa menjajakan dagangan dirumahnya di Kampung Cipatat, Desa Kiarapandak, Kecamatan Sukajaya Kabuaten Bogor mengatakan, penjualan hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha meningkat hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. “Memang Kenaikan sudah terasa sebulan sebelum Idul Adha,” tutur Ocang.

Menjelang Idul Adha, ia bisa menjual dagangannya 20 hingga 30 ekor Kerbau di hari raya Idul Qurban. Sementara, hari biasa hanya mampu menjual 1sampai 3 ekor Kerbau. Harga yang dipatok berpariatif dari kisaran Rp 17 juta hingga 35 juta per ekor, dilihat dari besar kecilnya hewan kurban yang dijualnya.

“Alhamdulillah di Hari Raya Idul Adha ini, penjualan hewan kurban lumayan berkah, berbeda dengan hari hari biasa penjualan nya,” katanya. Ia mengaku tidak mengalami kendala dalam menekuni usaha penjualan hewan kurban ini. Sudah hampir 10 tahun Ocang menekuni usaha ini.

“Saya menyediakan hewan kurban kerbau dengan mematok harga sesuai dengan berat hewan. Dan kerbau yang saya jual bergaransi dan sudah mengantongi surat keterangan sehat, sehingga konsumen tidak khawatir dan tidak ragu untuk membelinya,” pungkasnya. (Albi)

loading...