dftghy u

SUKAJAYA TODAY – Upaya masyarakat, TNI, Polisi dan Unsur Muspika Kecamatan Sukajaya, bahu membahu membersihkan material tanah longsor yang menutup jalan di Kampung Cibiuk, Desa Pasirmadang, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, akhirnya bisa dilalui kendaraan.

Warga dan Muspika gotong royong sambil menunggu alat berat yang didatangkan kepala Desa untuk memindahkan longsoran tanah yang menutupi akses jalan yang menghubungkan tiga Desa diantaranya, Desa Pasirmadang, Desa Cileuksa dan Desa Cisarua.

Pasiter Dim 0621 Kabupaten Bogor, Kapten Inf. Slamet Royadi memantau langsung kelokasi longsor. Kata Kapten, kegiatan tersebut untuk membantu warga melakukan evakuasi tanah longsor yang mengganggu mobilitas jalan utama warga.

“Kami bersama Muspika Sukajaya dan anggota Koramil Cigudeg membantu masyarakat mengevakuasi akibat longsor yang menutupi akses jalan dengan bantuan alat berat yang didatangkan oleh Kades Cileuksa dan Pasir Madang. Sehingga, nanti masyarakat bisa melewati jalan yang tertimbun longsor,” ujar Slamet.

Sementara itu, Kepala Desa Cileuksa, Ujang Ruhyadi mengatakan, setelah mendapatkan informasi terkait laporan tersebut, pihak Pemerintah Desa dibantu warga dan Muspika Kecamatan Sukajaya, melakukan penanganan cepat untuk membuka kembali akses mobilitas jalan utama warga yang tertutup selama satu hari itu.

“Dikarenakan, medan dan tanah tidak bisa dievakuasi dengan alat sederhana, sehingga kami pun segera menurunkan alat berat,” tutur Ujang.

Jalan yang tertutup material tanah longsor cukup tebal itu, telah dibersihkan menggunakan Becko yang ada Didesa Cileuksa. Alhasil, jalur yang sempat ditutup satu hari itupun kini telah bisa di lalui kembali. “Jalan tersebut merupakan jalan satu satunya dan kategori jalan Kabupaten, jadi harus secepatnya difungsikan kembali,” tandasnya. (Muhammad. A)

loading...