BOGOR TODAY- Masyarakat umum bisa menikmati suasana Istana Kepresidenan Bogor lebih leluasa selama lima hari pada akhir bulan ini. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan menggelar Istana Bogor Open atau biasa disebut Istana untuk Rakyat (Istura) pada 24-28 Juli 2017. Acara ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-535 Kota Bogor yang jatuh 3 Juni lalu.

Kepala Bagian Humas Pemkot Bogor, Tyas Ajeng, menyebutkan, agenda Istura tahun ini akan dirangkai dengan Museum Open, yaitu mengunjungi Museum Balai Kirti yang juga masih berlokasi di dalam Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. “Agenda rutin lainnya yang tidak kalah menarik perhatian warga yaitu pagelaran Wayang Golek,” kata Tyas di Bogor, Kamis (6/7/2017)

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bogor sejak 15 Juni lalu telah membuka pendaftaran bagi warga atau siapapun yang ingin mengikuti kegiatan Istura dan Museum Open tersebut. Pendaftaran masih dibuka sampai hari terakhir Istura pada 28 Juli nanti. Pendaftaran dibuka selama dua jam setiap hari kerja dan tidak dipungut biaya alias gratis. Pihaknya menargetkan jumlah pengunjung Istura dan Museum Open tahun ini mencapai 20.000 orang. “Lokasi pendaftarannya di Kantor Disbudpar, Jalan Pandu Raya dan Gedung Kemuning Gading,” kata Kepala Disbudpar Kota Bogor, Shahlan Rasyidi.

Sama seperti kegiatan serupa tahun sebelumnya, pengunjung harus mengikuti sejumlah peraturan yang ditentukan oleh pihak Istana Kepresidenan Bogor dan Paspampres, seperti berpakaian bebas rapi dan sopan. Apalagi saat ini Presiden Jokowi tinggal di Istana Bogor, sehingga pengamanan diperketat. “Baik warga lokal Bogor, wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara yang ingin mengikuti Istura dan Museum Open ini harus mematuhi aturan-aturan yang telah dikeluarkan pihak Istana dan Paspampres,” ucapnya.(Yuska Apitya)

loading...