BOGOR TODAY – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumpulkan para wali kota se Indonesia di Ruang Garuda, Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (23/7/2018). Kepala Negara ingin mendengarkan langsung persoalan yang ada di daerah dari wali kota supaya bisa dituntaskan.

“Sehingga dalam menyelesaikan masalah-masalah di lapangan bisa segera kita lakukan,” kata Jokowi.

Jokowi ingin mengetahui permasalahan ekonomi makro di daerah. Menurut dia, perlambatan ekonomi di daerah juga tak lepas adanya tekanan dari pihak eksternal yang ada di dunia.

“Semua negara merasakan bukan hanya Indonesia. Baik yang berkaitan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China, juga yang berkaitan dengan kenaikan suku bunga The Fed di Amerika yang kita tidak bisa mengintervensi apapun dan semua negara sekali lagi mengalami,” jelasnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu meminta seluruh kepala daerah tidak perlu terlalu khawatir dengan adanya persoalan tersebut. “Yang paling penting, kita sudah mengetahui saja,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, para wali kota yang hadir di antaranya Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, Wali Kota Metro Achmad Pairin, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tengerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, dan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Selanjutnya Wali Kota Jambi Sy Fasha, Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wali Kota Tarakan Sofian Raga, Wali Kota Probolinggo Rukmini, Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi, serta Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz

Kemudian Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie, Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi, Wali Kota Salatiga Yuliyanto, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih, Wali Kota Binjai H.M Idaham, Wali Kota Bandar Lampung Herman HN, Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang, dan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin. (net)

loading...