JAKARTA TODAY- Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali mencetak rekor. Hari ini IHSG hari ini menguat 0,69% atau 38,68 poin dan menembus level 5.606.

Menurut Analis Senior Binaartha Sekuritas Reza Priyamba, meroketnya IHSG hari ini disebabkan adanya sentimen positif dari keluarnya data perekonomian inflasi. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pada Maret 2017 terjadi deflasi sebesar 0,02%

“Dari data BPS yang kami terima, penurunan harga sejumlah bahan makanan menjadi penyumbang utama terjadinya deflasi 0,02% pada Maret dan di bawah perkiraan kami sebelumnya dimana inflasi (MoM) 0,22%,” tuturnya dalam risetnya, Senin (3/4/2017).

Menurut Reza, sentimen positif dari data inflasi tersebut juga dikombinasi dengan menghijaunya laju bursa saham Asia. Di waktu yang sama indeks saham Eropa juga di buka menghijau.

“Sentimen lainnya ialah pernyataan Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita bahwa pasokan bahan pokok untuk menjelang bulan puasa dan Lebaran sudah dalam posisi aman. Sehingga dipersepsikan laju inflasi sepanjang puasa hingga Lebaran akan lebih terkendali,” imbuhnya.

Sentimen positif tersebut juga membuat investor asing melakukan aksi pembelian. Tercatat net buy hari ini sebesar Rp 438,43 miliar.(Yuska Apitya/dtk)

loading...