BOGOR TODAY –  Karnaval Herbal Bejo Jahe Merah ramaikan Taman Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor pada Minggu (2/12/2018).

Kemeriahan begitu terlihat dan terasa dengan hadirnya ibu – ibu yang memakai berbagai kostum tradisional. Banyak tenda yang terpasang, dimana para ibu – ibu ini menampilkan sajian olahan – olahan minuman tradisional.

Ketua Panitia, Erdiana BA mengatakan, acara ini merupakan festival yang disponsori PT Bintang Toedjoe untuk memberi edukasi kepada ibu – ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Kota Bogor.

Para ibu ini, adalah perwakilan ibu – ibu PKK dari 68 Kelurahan di Kota Bogor.

“Tujuan acara ini agar ibu – ibu PKK mempunyai pengalaman dan pengetahuan tentang jahe merah, baik dari segi kesehatan maupun dari nilai ekonomis,” katanya.

Ia menambahkan, para ibu PKK di bina dan dilatih untuk menanam jahe merah. Bibit, pupuk, lahan, dan lainnya, diberikan ke ibu – ibu PKK agar mereka paham bahwa jahe merah yang merupakan satu di antara tanaman herbal, memiliki manfaat yang tinggi.

“Pembinaan sudah dilakukan dari satu tahun yang lalu dan Minggu ini adalah puncaknya. Sekarang diadakan karnaval untuk menentukan siapa yang juara,” jelasnya.

Erdiana menjelaskan, banyak rangkaian kegiatan dalam Karnaval Herbal Bejo Jahe Merah. Selain lomba Karnaval, juga ada lomba meracik jamu, bazar produk unggulan, dan pameran produk unggulan.

Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian, ia sangat mengapresiasi Karnaval Herbal Bejo Jahe Merah yang diadakan di Kota Bogor ini.

Menurutnya, para ibu-ibu PKK akan mendapat pengalaman dan manfaat baru tentang jahe merah dari festival yang diadakan PT Bintang Toedjoe ini.

“Ini adalah cara untuk menyelamatkan warisan-warisan leluhur kita. Jahe merah adalah salah satu rempah yang manfaatnya luar biasa. Saya sebagai Ketua Pergerak ibu PKK sangat senang dengan program ini karena sangat inspiratif,” tambahnya, di Taman Sempur.

Meski acara ini di luar program Sekolah Ibu, namun Yane sangat senang karena dengan ini, para ibu PKK akan paham tentang manfaat tanaman herbal, khususnya jahe merah.

“Dengan ini para ibu akan tau bahwa kesehatan itu dekat dengan rumah kita. Penanaman jahe di rumah kita, lahan dekat dengan kita. Ada edukasi untuk mengoptimalkan obat keluarga. Saya acungi jempol untuk acara Karnaval Herbal Bejo Jahe Merah, mudah – mudahan berjalan lancar ke depannya,” ungkap Yane. (Putri)

 

 

loading...