JAKARTA TODAY- Tidak ingin ketinggalan, produsen otomotif Honda mulai memperkenalkan kendaraan terbarunya dengan spesifikasi plug-in hybrid, yakni Honda Clarity. Mobil ini akan masuk pasar Amerika Serikat, untuk mobil sejenis Clarity akan menempel Chevrolet yang sudah dulu bermain bersama Chevrolet Volt.

Seperti dikutip dari The Verge, sistem hybrid milik Clarity diperkirakan akan menambah jarak sekitar 42 mil. Hasil itu masih berada di bawah keluaran dari pabrikan asal Amerika itu.

Dengan baterai besar dan mesin bertenaga bensin, memang tidak bisa dipungkiri kendaraan plug-in hybrid dapat melaju lebih lama, tentunya dengan hemat bahan bakar. Jadi mesin bensin akan bekerja, sesaat tenaga listrik telah habis terpakai. “Saya memiliki Chevy Volt dan melalui 6.000 mil mengemudi. Saya dan istri  mengisi tangki hanya tiga kali karena sebagian besar mengemudi dilakukan dalam jangkauan listrik 53-mil,” menurut salah seorang pemilik Chevy Volt.

Diperkirakan, produsen otomotif asal Jepang itu baru akan meletakan Clarity di tiap diler Amerika pada penghujung tahun ini. Mobil itu akan memiliki 17 kilowatt baterai, dan dipadukan dengan mesin empat slinder 1,5 liter.

Perwakilan Honda mengatakan, untuk pemakaian keduanya jumlah jarak perjalanan menjadi 330 mil. Dalam soal pengisian baterai, Clarity dapat terisi.secara penuh 240 volt dengan durasi 2,5 jam, lebih cepat 90 menit dari Volt.

Sebenarnya, ada tiga varian yang disediakan oleh Honda untuk mobil itu di antaranya, plug-in hybrid, listrik dan versi sel bahan bakar hidrogen. Walaupun, belum ada angka pasti untuk tiap kendaraan tersebut, untuk permulaan kendaraan baru akan tiba di dua wilayah, California dan Oregon. Plug-in hybrid Clarity selain untuk dibeli, juga dapat disewa di 50 negara bagian akhir 2017. Harga diperkirakan sekitar $35.000.

Sistem sewa akan menjadi strategi dari Honda bagi Clarity. Honda menawarkan sewa tiga tahun, senilai $369 per bulan yang mencakup kredit sebesar $15.000 untuk hidrogen, serta potongan harga $5.000 di negara bagian California.

“Pelanggan yang menginginkan mobil terdepan, lebih memilih untuk menyewa daripada membeli,”. Pastinya, ketiga jenis Clarity bakal meluncur pada hingga penghujung 2017.(Yuska/cnn)

loading...