JAKART ATODAY – Honda Eropa memastikan segera memasarkan HR-V versi turbo. Dalam keterangan resminya, varian baru dinamai HR-V Sport, menggunakan mesin Civic generasi terbaru. Honda Eropa mulai produksi HR-V bermesin induksi turbo pada Desember 2018 dan dikirim ke konsumen awal 2019. Sayangnya belum ada informasi lebih jelas soal harga.

Bila mengambil mesin Civic, artinya HR-V turbo punya performa meningkat tajam dibanding mesin naturally aspirated. Jantung mekanis berkubikasi 1.5-liter VTEC, dipadu dua sistem transmisi manual 6 percepatan atau CVT.

Masing-masing transmisi punya keluaran tenaga dan torsi di putaran mesin berbeda. Tenaga puncak yang dihasilkan, diklaim mencapai 182 PS. Angkanya jauh dibandingkan versi 1,8 liter yang dipasarkan di Indonesia, yakni 139 PS. Bahkan mampu menyamai mesin 2,4 liter sekalipun.

Tenaga puncak HR-V turbo keluar pada putaran 5.500 rpm di tipe transmisi manual. Sedangkan versi CVT pada putaran 6.000 rpm. Untuk torsi, versi manual mampu memproduksi 240 Nm di rentang putaran mesin 1.900 hingga 5.000 rpm. Untuk transmisi CVT justru torsinya lebih kecil, 220 Nm pada 1.700 sampai 5.500 rpm.

Selain mesin, Honda turut memberi ubahan di sektor sasis dan suspensi. Teknologi redaman ‘Performance Damper’ diracik untuk kestabilan lebih baik. Fungsinya mengantisipasi pergerakan lateral dan puntiran melalui sasis. Sehingga mobil tetap stabil ketika bermanuver di tikungan, berpindah jalur secara tiba-tiba dan meredam getaran saat melewati jalan tak rata. Pengendalian ikut ditingkatkan melalui teknologi Honda Agile Handling Assist. Membuat kontrol kemudi terasa lebih halus dan mantap.

Rupa luar dan dalam kabin diberi sentuhan baru agar terlihat lebih sporty. Kesan elegan diperkuat melalui pengaplikasian panel high-gloss black chrome yang tetap menggambarkan grafis ‘Honda Solid Wing Face’. Terdapat grille bermotif sarang lebah dan aksen sama di area lampu kabut. Sektor penerangan termasuk daytime running lights dan lampu sein sudah LED sebagai standar.

Sesuai namanya, beberapa detail disematkan untuk menonjolkan karakter sport. Seperti penggunaan splitter depan, side skirt, bemper belakang agresif yang keseluruhan berwarna hitam dan corong knalpot ganda. Tak ketinggalan pelek 18 inci berdesain propeler dinamis berwarna gelap mempertegas konsepnya

Di dalam kabin, bangku pengemudi dan penumpang baris pertama diperbarui. Gaya dinamis dan sporty dipilih Honda menghiasi tampilan kabin. Perpaduan warna hitam dan merah gelap meliputi bangku, doortrim dan dashboard. Sedangkan bagian atapnya ditutup warna hitam. (net)

loading...