JAKARTA TODAY- Pemerintah bakal menggandeng organisasi masyarakat berbasis agama guna menggenjot penyaluran Kredit Usaha Rakyat. Sebab, mayoritas dari 61,8 juta Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang tersebar di Tanah Air belum mendapatkan pinjaman lunak tersebut.

“Sampai hari ini 17,6 juta UMKM yang baru dilayani melalui KUR ini. Makanya kami menyasar sisanya, melalui Nahdlatul Ulama dan Muhamadiyah,” kata Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo dalam kongres ekonomi umat 2017, Jakarta, Minggu (23/4).

Diakuinya, penyaluran KUR belum optimal. Di sisi lain, kepala negara menginginkan bunga KUR yang saat ini sembilan persen diturunkan hingga menjadi sebesar tujuh persen.

“Kami ingin betul-betul yang membutuhkan yang menerima,” katanya. “Rata-rata KUR yang diberikan sekitar Rp 15 juta-Rp 20 juta.”

Selain itu, pemerintah kredit ultra mikro. Fasilitas tersebut ditujukan untuk usaha kecil yang belum bisa menjangkau kredit perbankan.

“Istilahnya UKM yang belum bankable, akan diberikan di bawah Rp 10 juta,” katanya “Diharapkan ultra mikro ini bisa tersebar di seluruh Indonesia. ini bisa membuat ketimpangan mengecil.” (Yuska Apitya/cnn)

loading...