JAKARTA TODAY – Perbaikan flyover Cengkareng, Jakarta Barat memasuki tahap akhir. Bila tanpa halangan, perbaikan akan selesai hari ini dan jalan flyover akan dibuka, Senin 7 Januari 2019 besok.

“Ada inspeksi yang memerlukan detail pembangunan. Makanya kami memerlukan waktu tambahan,” kata Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S. Atmawidjaja, Minggu (6/1/2019).

Sebelumnya setelah di kabarkan alami perenggangan, Kamis 27 Desember 2018 lalu. Kementerian PUPR melakukan perbaikan. Waktu seminggu di targetkan agar pembenahan selesai, pada Kamis 3 Januari 2019 lalu.

Meski demikian, agar tak kembali mengalami kerusakan, detail kemudian diperhatikan usai pemasangan potbearing baru. Dengan perhatian khusus ini makanya perbaikan flyover Cengkareng molor.

Endra melanjutkan perbaikan sendiri mencakup penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar 4 dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar.

Karena perlu kehati-hatian, kata Endra, waktu tambahan itu dilakukan untuk perbaikan struktur lebih seksama, sehingga kontruksi memerlukan kriteria keamanan dan keselamatan bagi pengguna sesuai rencana.

Karenanya adanya finishing pengecekan itulah membuat flyover ini kemudian baru dibuka besok. Terhadap ini, Endra menghimbau pengendara agar menggunakan jalan alternatif lainnya selama flyover Cengkareng B ditutup.

“Bagi pengendara dari arah Kembangan ke Kamal, tetap dapat menggunakan 2 lajur tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan 2 lajur jalan arteri untuk melintasi Jalan Daan Mogot,” katanya.

Sedangkan dari arah Kamal – Cengkareng ke Kembangan, sebanyak 6 lajur jalan dapat dilalui seluruhnya yang terdiri dari 2 lajur Flyover Cengkareng A, 2 lajur tol JORR dan 2 lajur jalan arteri (Non Tol) Lingkar Luar Barat. (Net)

loading...