BOGOR TODAY- Facebook telah meresmikan kantor baru miliknya di bilangan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Bertempat di Capital Hill, kantor anyar Facebook ini terletak di lantai 49.

“Kami sudah sekitar empat minggu pindah ke kantor ini,” terang Sri Widowati, Country Director Facebook Indonesia saat awak media berkunjung ke kantor tersebut. “Namun kami memang memperkenalkannya minggu ini bertepatan dengan kemerdekaan Indonesia,” tambahnya.

Dengan dibukanya kantor baru ini, perempuan yang akrab disapa Wido ini berharap bisa menjadi bentuk dukungan Facebook untuk menunjukkan komitmen terhadap apa yang mereka lakukan di Indonesia.

“Kami fokus membangun komunitas dan bangun bisnis. Bangun ekosistm juga,” paparnya.

Sebelumnya, setelah pertemuan dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dirjen Aptika Semuel A. Pangerapan menyebutkan bahwa Facebook akan membuka kantor di Indonesia sebelum 17 Agustus. Kewajiban membuka kantor ini merupakan konsekuensi dari telah disahkannya Badan Usaha Tetap (BUT) Facebook di Indonesia .

Ketika ditanya terkait bentuk badan usaha yang dijalankan di Indonesia, Wido menolak berkomentar. Dalam pertemuan sebelumnya, pemerintah lewat Kemenkominfo mendesak Facebook untuk mendaftarkan BUT mereka di sektor periklanan. Sebab, izin prinsip dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang diperoleh Facebook Maret lalu berupa badan usaha yang bergerak di bidang manajemen konsultasi. Ketika ditanya lebih lanjut soal kegiatan bisnis yang dilakukan di kantor anyarnya itu, Wido menjawab diplomatis. “Tim kami merencanakakan investasi sesuai kebutuhan,” terangnya.

“Terkait pengembangan kami akan membawa tenaga ahli dari Singapura atau tempat lain untuk berbagi pengetahuan.Tidak harus semua berbasis di Indonesia,” tuturnya dalam sesi tanya jawab.

Wido juga menjelaskan bahwa kantor barunya ini menjadi basis bagi aplikasi-aplikasi lain yang ada di bawah payung Facebook. Ini berarti Instagram dan Whatsapp juga punya perwakilan di tempat yang sama di Indonesia.

Terkait kebijakan fiskal yang mesti diselesaikan Facebook di Indonesia, Wido menjawab singkat bahwa pihaknya akan menghargai peraturan di mana kantor Facebook berdiri.(Yuska Apitya)

loading...