JAKARTA TODAY- Pemerintah Indonesia menyiapkan standar emisi Euro4 yang akan diterapkan dalam 18 bulan ke depan. Peralihan dari Euro2 ke Euro4 kemungkinan bisa membuat harga jual mobil disesuaikan.

“Kelihatannya akan ada penyesuaian harga (saat Euro4 diterapkan),” kata Executive General Manager Vehicle Sales Operation Sub Directorate PT Toyota Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto, hari ini.

“Namun, Soejo tak membeberkan lebih detail seberapa besar perkiraan kenaikan harga ketika Euro 4 diterapkan. “Masih dipelajari,” katanya.

Menurut Soerjo, ada beberapa perangkat mesin mobil yang perlu disesuaikan untuk memenuhi standar emisi Euro4. Misalnya engine control unit (ECU). “Komponen-komponen saja dimodifikasi. Salah satunya ECU pasti akan ada adjustment. Tapi semuanya kita sudah siapkan,” katanya.

Peraturan emisi Euro4 ini akan berpengaruh untuk semua model Toyota yang dijual. Dan menurut Soerjo, pihaknya sudah siap jika Euro4 diberlakukan. “Pastinya ke semua produk. Dan enggak hanya Toyota, tapi semua automaker. Dan Toyota sendiri mulai dari sedan, hatchback, MPV hingga SUV,” katanya.(Yuska/dtk)

loading...