A9-16-8-2016-ArtNia S. Amira
[email protected]

Kehidupan modern yang me­maksa manusia hidup penuh dengan sejuta kesibukan untuk meraih apa yang dibutuhkan, membuat orang kehilangan waktu un­tuk sekedar beristirahat. Kalaupu ingin keluar dari kesibukan sehari-hari, hanya Mall-mall yang menjadi tujuan untuk melepaskan kepenatan. Masih berun­tung bagi warga kota Bogor yang dapat berkunjung ke Kebun Raya Bogor dan sekitar Puncak. Lalu bagaimana dengan warga sekitar Kabupaten Bogor yang ke­banyakan berdiam di sekitar Cibinong?

Terletak tidak begitu jauh dari pusat Pemerintahan Daerah Bogor (Pemda), Eco Park yang berada di kawasan Lem­baga Ilmu Penelitian Indonesia (LIPI) atau lebih dikenal sebagai Bakosurtanal ini dapat menjadi tempat alternatif tu­juan wisata murah di wilayah Kabupaten Bogor. Berada di Km 46, Jalan Raya Bo­gor, Eco Patk yang dibangun pada ta­hun 2002 ini sebenarnya diperuntukkan untuk tempat belajar, mengamati serta meneliti mengenai ekosistem alam di dataran rendah yang ada di Indonesia, selain juga sebagai tempat pengawasan Bakosurtanal.

Terdapat berbagai macam tumbuhan langka untuk keperluan penelitian. any­ak sekali ditanami berbagai macam tum­buhan langka. Dengan penataan yang dibuat sedemikian rupa, danau yang be­rada di tengah-tangah dan sekelikingnya ditumbuhi rumput hijau bagaikan karpet dan dibuat sebuah jembatan kayu untuk menghubungkan taman. Eco Park terli­hat jadi indah.

Danau yang berada di tengah taman, merupakan bagian dari taman konser­vasi alam yang menjadi bagian perluasan Kebun Raya Bogor.

Eco Park sering menjadi tempat olah raga dipagi atau sore hari. Eco Park ini awalnya dikenal sebagai Danau Dora karena pada awal pembangunan ada banyak anak kecil yang sedang bermain sambil membawa Boneka Dora, yang mashyur di televisi dan saat itu sedang booming. Film animasi tentang Dora yang diceritakan sebagai seorang gadis kecil yang sering menjelalah dan mem­bantu mencari tahu sesuatu yang dibu­tuhkan banyak orang selalu bermain bersama hewan yabg bernama Booths dengan menggunakan Peta. Dari situ tercetuslah ide untuk me bangun Ecol­ogy Park ini dan sempat terkenal dengan sebutan Danau Dora

Karena keindahannya, lokasi yang strategis, serta tidak perlu membayar alias gratis, Danau Dora pun sering juga digunakan untuk lokasi prewedding, selain tentu saja sebagai tempat wisata edukatif. Ada banyak ikan dan bunga teratai yang menghias danau, dan uda­ranya

Taman ini selalu ramai di akhir pekan terutama pada sore hari. Tempat yang cocok untuk piknik bersama keluarga sambil menikmati bekal yang dibawa. Bagi pengunjung, hanya cukup mem­bayar parkir kendaraan yang dibawa.

Eco Park yang tujuannya dibangun untuk kawasan wisata edukatif, sering mengadakan penyuluhan untuk anak-anak sekolah mengenal tumbuhan dan mahluk hidup yang ada di Taman.

Letaknya yang dekat sekitar 500 me­ter dari pintu gerbang Pemda atau Cibi­nong City Mall, ke arah Bogor membuat Eco Park mudah dijangkau oleh siapa­pun. Satu hal yang penting adalah men­jaga lingkungan di kawasan Eco Park se­hingga keindahannya selalu terjaga dan setiap orang akan senang berwisata ke Eco Park. Selamat Berkunjung.

loading...