FOTO-BERITA-PASARBOGOR, TODAY—Di tengah tumbuh suburnya mall dan pasar modern miliki swasta di Bumi Tegar Beriman, Pemer­intah Kabupaten (Pemkab) Bogor melalui Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perda­gangan (Diskoperindag) makin gencar melakukan perema­jaan pasar tradisional menjadi pasar modern dan bersih.

Perusahaan Daerah (PD) Pasar Tohaga, salah satu pe­rusahaan plat merah menjadi ujung tombak dan harapan Pemkab Bogor, dalam pemenu­han kebutuhan pokok 5,3 juta jiwa warga Kabupaten Bogor.

“Pasar merupakan salah satu kebutuhan inti bagi war­ga, karena untuk memenuhi kebutuhan pokok. Untuk itu, kami terus melakukan revit­alisasi pasar tradisional men­jadi pasar modern dan bersih, sehingga masyarakat merasa nyaman saat berbelanja di pasar,” ujar Kepala Dinas Ko­perasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bo­gor, Dace Supriyadi.

Sedikitnya, lanjut Dace – sa­paan akrabnya – ada 24 pasar yang telah direvitalisasi men­jadi pasar modern dan telah dinikmati masyarakat yang tinggal di Bumi Tegar Beriman.

“Sejalan dengan visi Ka­bupaten Bogor diantaranya, terbangunnya pasar moderen disetiap kecamatan yang nota­benenya pasar tersebut milik Pemkab Bogor, dikelola lang­sung PD Pasar dan harus dinik­mati manfaatnya oleh ma­syarakat Kabupaten Bogor,” ungkap mantan Kepala Satpol PP Kabupaten Bogor ini.

Upaya Pemkab Bogor dalam menata dan memban­gun pasar pun mendapat restu dari Kementrian Perdagangan dan Perindustrian. Tahun ini, Diskoperindag mendapat sun­tikan dan untuk membangun Pasar Nanggung.

“Lelang proyek nanggung sudah beres, tinggal munggu surat perintah kerjanya turun. Kalau tidak salah, kemungki­nan pengerjaan pembangunan Pasar Nanggung akan dimulai akhir Agustus 2016 ini,” tutur Kepala Bidang (Kabid) Perda­gangan Diskoperindag Kabu­paten Bogor, Jona Sijabat.

Jona menjelaskan, pem­bangunan pasar yang letaknya tidak jauh dari PT Antam itu, akan dilakukan dua tahap. “Harapan kami, tahun 2017 Pasar Nanggung sudah selesai dibangun dan mulai dioper­sikan,” imbuhnya. (Iman R Hakim)

loading...