CIBINONG TODAY – Kebakaran tidak hanya terjadi di kota – kota besar, juga banyak terjadi di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Bogor. Dinas Pemadam Kebakran (Damkar) Kabupaten Bogor pun tidak bosan – bosan melakukan sosialisasi ke masyarakat termasuk anak – anak.

“Cara meminimalisir angka kebakaran, salah satunya dengan cara sosialisasi kemasyarakat, termasuk anak – anak usia PAUD dan TK,” ucap Kepala Seksi (Kasi) Penyuluhan Damkar Kabupaten Bogor, Jaja Subagja kepada Bogor Today, Jumat (8/4/2017).

Menurut Jaja – begitu disapa – sosialisasi tentang kebakaran kepada anak usia dini dan TK tentulah sangat penting, mengingat anak seusia tersebut, suka bermain api tanpa sepengetahuan orang dewasa. “Seperti, suka bermain korek api sembarangan. Maka dari itu kita kasih arahan kalau bermain korek api atau apapun yang berbau api itu tidak baik,” Paparnya.

Anak – anak pun diberikan ilmu tentang penanganan kebakaran kecil, karena kalo kebakaran besar tentunya anak – anak akan ketakutan. Sosialisasi tentang kebakaran kepada anak usia dini telah berlangsung sejak Damkar ini terbentuk.

“Mereka (anak – anak, red) sangat antusias, karena tidak hanya diberikan pengetahuan tentang penanganan kebakaran kecil, anak-anak pun diajak berkeliling menggunakan mobil pemadam kebakaran. Kami juga menyediakan pakaian khusus untuk anak-anak agar bisa merasakan menjadi pemadam kebakaran sungguhan,” pungkasnya. (Diana MG)

loading...