CIBINONG TODAY – Ruang terbuka publik menjadi sangat penting karena fungsinya sebagai tempat bertemunya masyarakat, bersantai, berkomunikasi, tempat bermain anak-anak, serta mempercantik kota.

Sebelumnya Cibinong belum memiliki  Ruang Terbuka Publik, akan tetapi sekarang akan segera dibukanya Taman Cibinong Situ Plaza, taman tersebut merupakan Ruang Terbuka untuk publik.

“Walaupun taman RTP ini belum diserah terimakan ke pemerintah pusat, namun secara lisan mereka merespon dengan baik jika taman RTP ini ingin langsung dipakai,” ujar Kasubid Tata Ruang Pemukiman, Tika Effendi.

Taman Cibinong Situ Plaza belum resmi dibuka oleh pemerintah setempat, dan belum ada masyarakat yang berkunjung, namun sayangnya beberapa fasilitas seperti beberapa keran air hilang, dedaunan kering yang berserakan, tanaman yang rusak, membuat taman tersebut kurang enak untuk dipandang.

“Ini butuh peningkatan serta pencegahan untuk kedepannya. Yang paling penting sistemnya edukasi untuk masyarakat, karena taman ini adalah taman masyarakat,” tuturnya.

Untuk mengedukasi masyarakat tentunya membutuhkan waktu,  Nah, salah satu langkah yang akan kita lakukan adalah kita akan gerakkan beberapa komunitas. “Edukasi ini terkait dengan edukasi sampah, mengajak beberapa komunitas untuk berekspersi di taman ini. Tadinya masyarakat Cibinong belum mempunya ruang Terbuka Publik,” ungkapnya.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan untuk anak-anak seperti taman bermain, dan skatepark untuk para komunita BMX maupun SkateBoard, Ruang Terbuka Publik ini pun dilengkapi dengan banyak pohon dan tanaman sehingga masyarakat yang berkunjung menjadi lebih sejuk dan santai dengan penghijauan seperti itu. Pengelolaan taman ini kolaborasi berbasis komunitas dan berbasis masyarakat.

“Dengan dibukanya Ruang Terbuka Publik Taman Cibinong Situ Plaza ini, masyarakat dapat menjaga fasilitas yang sudah disediakan oleh pemerintah,” pungkasnya (Amalia Rosadah / MG).

loading...