BOGOR TODAY – Memiliki perut ramping tanpa ada lemak yang bergelayut tentu saja merupakan dambaan setiap orang. Namun terkadang ada saja lemak yang tertimbun di peruk. Lemak di perut terkadang membuat kita gerah dan tidak percaya diri.

Selain bikin kita nggak percaya diri, ternyata lemak di perut juga berbahaya. Hal ini dikarenakan di perut banyak sekali organ yang penting. Penumpukan lemak di perut bias menyebabkan kolesterol tinggi, diabetes, jantung, dan masih banyak lainnya.

Ada banyak hal-hal mudah yang digunakan sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Berikut cara menghilangkan lemak di perut secara alami dan cepat.

Berolahraga yang teratur

Tidak harus melulu melakukan olahraga yang berat. Untuk menghilangkan lemak di perut banyak kok latihan-latihan yang tidak terlalu menguras tenaga. Baik laki-laki maupun  perempuan, melakukan olahraga merupakan salah satu cara yang terbukti ampuh untuk menghilangkan lemak di perut secara cepat dan praktis.

1.    Cardio

Cardio merupakan salah satu jenis latihan yang melibatkan hampir semua anggota tubuh seperti berlari, bersepeda, berenang, dan lainnya. Dengan melakukan cardio, otot-otot di tubuh kita bekerja mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan dan pundak.

2.            Yoga

Yoga merupakan olahraga yang memusatkan pada kekuatan, kelenturan, dan pernapasan. Penelitian di India membuktikan yoga sangat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga melancarkan pencernaan dan menghilangkan lemak di perut.

Melatih serta menyelaraskan tubuh dan pikiran supaya lebih rileks akan memacu tubuh mengeluarkan hormon yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh secara efektif. Mulailah berlatih yoga selama 10-20 menit setiap hari agar tubuh dapat melakukan sistem metabolisme dengan maksimal.

3.            Sit-up dan push-up

Hal mudah lainnya yang bisa dilakukan adalah sit-up dan push-up. Namun tentu saja Anda harus melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up. Naikkan intensitas latihan setiap harinya. Hal ini akan membantu Anda menghilangkan lemak di perut dalam waktu yang singkat. Melakukan sit-up dan push-up di pagi hari, dapat bermanfaat untuk mengontrol nafsu makan karena dapat menyebabkan efek mudah kenyang.

Mengecilkan perut buncit dengan cara tradisional

Jika Anda tidak mempunyai cukup waktu untuk berolahraga atau terlalu lelah usai ngantor, Anda dapat mencoba menghilangkan lemak di perut menggunakan ramuan tradisional yang sudah terbukti ampuh khasiatnya.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan bermacam tanaman herbal yang sudah dimanfaatkan secara turun temurun oleh masyarakat. Tanaman herbal kini pun telah banyak hadir dalam kemasan siap saji dan juga digunakan pada industri obat.

Tidak ada salahnya mencoba menghilangkan lemak di perut dengan cara alami. Selain lebih aman dan tanpa efek samping, tentunya ramah di kantong.

4.            Teh Hijau

Teh hijau terkenal akan banyak khasiatnya. Sejak dulu teh hijau dipercaya menjadi salah satu cara untuk menghilangkan lemak di perut yang efektif. Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, minumlah teh hijau dengan teratur sebelum Anda makan. Dan pastikan pula Anda meminumnya tanpa gula. Dengan meminumnya sebelum makan, otomatis akan membuat perut Anda terasa lebih kenyang saat makan, dan tentu saja mengurangi porsi makan Anda.

Teh hijau dapat memperlancar metabolisme tubuh, termasuk metabolisme lemak, sehingga akan membantu menghilangkan lemak pada tubuh. Selain itu teh hijau kaya akan anti oksidan yang bermanfaat untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat LDL dalam tubuh

5.            Teh jeruk nipis

Tidak hanya harus menggunakan teh hijau, Anda juga bisa menggunakan teh biasa yang dicampurkan dengan perasan jeruk nipis. Cukup siapkan sekantung teh atau bisa juga menggunakan 3 sendok teh dan 1 jeruk nipis, dan segelas air panas. Seduh teh dan campurkan perasan jeruk nipis ke dalamnya. Konsumilah secara rutin.

6.            Madu dan Jahe

Madu memang dikenal memiliki banyak khasiat untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit. Madu pun juga bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan lemak di perut. Madu mengandung zat yang akan membakar lemak tubuh secara tak langsung yaitu fruktosa. Sedangkan jahe, secara alami mampu menekan nafsu makan, sehingga Anda bisa mengurangi asupan makan dengan mudah karena merasa tidak terlalu lapar.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Campurkan 3 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe ke dalam gelas dan diseduh air panas. Minumlah 2 kali sehari.

Diet

Cara ampuh berikutnya untuk menghilangkan lemak di perut adalah dengan diet. Di sini diet yang dimaksud bukanlah diet yang ketat. Bukan pula dengan mengurangi frekuensi makan yang biasanya 3 kali menjadi 2 kali atau bahkan 1 kali. Diet yang dimaksud adalah mengatur pola makan. Baik dari segi waktu, jenis makanan, dan jumlah porsi makanan.

Diet yang tepat untuk menghilangkan lemak di perut dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

7.            Memperbanyak konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan

Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan rendah lemak dengan sedikit kandungan kalori dan tinggi serat. Kandungan serta yang tinggi ini akan membantu mengikat air sehingga pencernaan dapat berlangsung lebih baik agar dapat melarutkan lemak. Sebuah studi mengatakan bahwa mengonsumsi 14 gram serat setiap harinya dapat menurunkan asupan kalori sebesar 10 persen dan mengurangi 4 persen lemak di perut.

8.            Membatasi makanan dengan kadar gula yang tinggi

Ada dua macam gula yang terdapat pada makanan, yaitu glukosa dan fruktosa. Fruktosa hanya dapat dimetabolisme di hati dalam takaran tertentu. Jika Anda mengonsumsi makan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi, hati Anda tidak akan sanggup untuk memetabolisme seluruh fruktosa dan hanya akan mengubahnya menjadi lemak yang menumpuk di perut.

9.            Tidak makan menjelang tidur

Salah satu penyebab penumpukan lemak di perut adalah makan sebelum tidur. Oleh karena itu hindarilah makan tepat sebelum tidur. Diperlukan waktu 2 jam bagi makanan untuk diproses. Tidak adanya aktivitas sebelum tidur hanya akan membuat kalori yang masuk diubah menjadi lemak bukannya energi. (Net)

 

loading...