CISARUA TODAY – Selepas meninjau longsor di Kecamatan Cijeruk Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti dan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan langsung meninjau lokasi longsor puncak yang terjadi di seputaran Masjid Attawun, Riung Gunung, Grandhill, dan Widuri. pada Selasa (6/2/2018).

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan menegaskan, mitigasi dilakukan bekerjasama dengan pihak terkait, seperti BPBD dan BNPD. “Di Puncak sedang ada penyelesaian. Mudah mudahan jalan segera pulih. Kalau tidak besok, lusa sudah selesai diusahakan secepatnya,” terangnya.

Mitigasi diakui menjadi konsentrasi untuk penyelesaian bencana. Material longsoran mengganggu segera dibersihkan. Pria yang akrab disapa Aher ini meminta masyrakat waspada terkait cuaca ekstrim yang sedang terjadi.

Setiap tahun, ia menyebut selalu ada pergerakan tanah. Masyarakat harus waspada memperhatikan petunjuk dari pemerintah setempat. “Masyarakat harus waspada dan perhatikan arahan dari kecamatan masing-masing. Untuk di daerah lain, segera. Sosialisasikan peta kerawanan bencana kepada masyarakat,” tegasnya.

Nurhayanti, sesaat sebelum Aher tiba, sempat menyampaikan belasungkawa terhadap korban tewas akibat longsor yang terjadi. Ia juga menyatakan 24 kecamatan di Kabupaten Bogor adalah daerah rawan bencana dan sudah ada persiapan untuk mencegah korban akibat bencana alam. “Kabupaten Bogor ini dari 40 kecamatan, 24 kecamatan ini kan rawan bencana. Jadi kesiapsiagaan di tingkat desa melalui satgas juga sudah kita lakukan,” ujarnya. (Iman R Hakim)

loading...