CIBINONG TODAY – Buah – buahan khas Indonesia mulai langka, salah satunya buah Sirsak atau Nangka Landa. Di pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, jarang sekali penjual lbuah menjajakan Nangka Landa.

“Sudah satu bulan ini, saya tidak menjual buah Sirsak atau Nangka Landa, karena dari pemasok pun sudah tidak lagi mengirimkan buah tersebut,” ujar Ragil Bintoro, Kamis (3/8/2017).

Banyak pembeli yang menanyakan buah yang diyakini banyak khasiat itu. Peminatnya pun cukup banyak, namun sayang Bogor untuk bulan Agustus sedang mengalami krisis buah Nangka Landa atau sirsak.

Tidak hanya buah Nangka Landa, buah durian asli Bogor pun mulai mengalami kelangkaan. Meski ada beberapa pedagang yang menjual durian, belum tentu buah tersebut manis. “Saya tidak berani menjual buah durian, buah durian hasil panen bulan ini rasanya hambar, saya takut pelanggan kecewa,” tutur pria yang akrab disapa Pakde.

Meski kedua buah itu langka di pasaran, namun, untuk sekedar pencuci mulut maupun untuk membuat jus, buah jeruk banyak tersedia di pasar, bahkan harganya pun mengalami penurunan sampai diharga Rp 10.000 perkilogram.

“Saat ini yang sedang melimpah di pasar induk adalah buah jeruk. Dalam tiga hari, saya bisa menjual 2 ton buah jeruk dalam 3 tempat sekaligus. Tidak hanya buah jeruk buah salak, anggur dan alpuket juga banyak dipanen bulan ini,” tandasnya. (Diana MG)

loading...