BTNJakarta Today – PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) sudah dapat izin jadi bank persepsi yang akan menam­pung dana repatriasi hasil program tax amnesty (pengampunan pajak).

Bank pelat merah itu membidik Rp 4-5 triliun dana repatriasi. May­oritas dananya akan berasal dari para pengusaha properti.

“Ini adalah salah satu sosialisasi khusus kepada anggota REI (Real Estate Indonesia), yaitu adalah yang bergerak di bidang properti karena kita lihat bahwa potensi-potensi ang­gota REI ini untuk deklarasi dan re­patriasi itu adalah cukup besar,” kata Direktur Utama BTN, Maryono, di Ja­karta, Jumat (19/8/2016).

Ia mengatakan, BTN akan mem­fasilitasi wajib pajak yang ingin me­nyetor dana repatriasi dengan me­nyediakan ruangan khusus supaya kerahasiaan terjaga.

“Kita buatkan booth ruangan, kita buatkan private, negosiasi yang lebih privasi, ini yang kita laku­kan,” katanya.

Maryono belum menghitung jumlah dana repatriasi yang ma­suk ke bank berkode BBTN terse­but. Saat ini, kata dia, banyak na­sabah yang jadi calon potensial tax amnesty yang akan segera masuk. “Taksirannya sekarang jtu sudah kurang lebih kita pun­ya target antara Rp 4-5 triliun,” ujarnya.

Beberapa instrumen pun disiapkan oleh BTN, seperti ob­ligasi hingga Efek Beragun Aset (EBA). Obligasi yang diluncur­kan BTN beberapa waktu lalu pun sudah diserap oleh ma­syarakat.

“Saya kira kita akan serap semua, malah mung­kin kita akan buat lagi untuk obligasi yang kedua lanjutannya dan seben­tar lagi kita akan terbitkan EBA. EBA mungkin tahap pertama Rp 1 triliun, nanti bulan berikutnya Rp 1 triliun lagi. Kita punya target Rp 5 triliun un­tuk EBA,”ucapnya.

Jika sudah banyak dana terserap, BTN berharap suku bunga bisa ditu­runkan. Apalagi dengan berlaku­nya 7 Days Repo Rate meng­gantikan BI Rate. “Ya t e r h a d a p bunga pasti, apalagi nanti pengaruh dengan adanya perubahan patokan dari BI rate ke 7 Days ini bisa mem­pengaruhi suku bunganya akan turun,” jelasnya.

(Abdul Ka­dir Basalamah/Net)

loading...

1 KOMENTAR

  1. Pak/ Bu, saya punya dana yg kata sistem sudah dibekukan untuk repatriasi, namun saya terlambat mendapatkan talangan dana untuk bea tax-nya, via financial servis asing ( hartford financial serviice ),bgmn dengan kemajuan repatriasi saya ? Tolong , supaya saya tetap dapat beinvestasi lagi dan setia bayar pajak ( dan nyaman tidurnya )..

Comments are closed.