Untitled-1Ribuan warga Kabupaten Bogor antusias mengikuti keg­iatan Hitung Mundur 30 Hari Menjelang PON XIX/2016 Jabar yang dipusatkan di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Minggu (21/8/2016).

KEGIATAN sosialisasi PON XIX/2016 dan Peparnas XV/2016 Jabar itu, dihadiri oleh Gubernur Jabar yang juga Ketua PB PON XIX/2016 Jabar Ahmad Heryawan; Wagub Jawa Barat, Deddy Mizwar; Ketua KONI Jabar Ahmad Saefudin, Bupati Bogor, dan jajaran Muspida Kabupaten Bogor.

Warga berbaur dalam keg­iatan senam sehat di lapangan depan komplek Pemkab Bo­gor itu. Selanjutnya mengikuti kegiatan jalan santai bersama Gubernur dan Wagub Jabar menyusuri jalanan sejauh lima kilometer.

Kegiatan hitung mundur 30 hari menjelang PON itu merupakan agenda hitung mundur terakhir dari rang­kaian sosialisasi pesta olahra­ga nasional yang akan digelar di Jawa Barat para 17-29 Sep­tember 2016 itu.

“Warga Bogor sangat antusias menyambut PON XIX/2016 Jabar, dan saya ber­harap nanti mereka juga an­tusias memberikan dukungan dan datang ke Stadion Pak­ansari untuk menonton dan menjadi suporter cabang atle­tik,” kata Ahmad Heryawan, kemarin.

Ia menyebutkan, Kabu­paten Bogor merupakan salah satu daerah penyumbang atlet bagi Jawa Barat di antaranya untuk cabang atletik dan drum band yang akan diselenggara­kan di Stadion Pakansari Cibi­nong Kabupaten Bogor.

Sementara sejumlah span­duk dan baliho PON dipasang di beberapa titik Bogor, salah satunya di Stadion Pakansari. Tema PON XIX/2016 “Berjaya di Tanah Legenda” pun tertu­lis dua papan skor stadion.

“PON ini di Jawa Barat, bu­kan hanya di Bandung tetapi di 16 kabupaten dan kota. Oleh karena itu kami ingin masyarakat menyemarakkan ajang olahraga terbesar di In­donesia ini,” kata Aher.

Dia mengatakan, di Ka­bupaten Bogor ada 3 cabang olahraga yang dipertand­ingkan, yakni sepakbola, atletik, dan drumband yang memperebutkan sekitar 25 medali emas. Di 3 cabor itu, Heryawan menargetkan Jabar meraih 13 medali.

“Mudah-mudahan dari sekitar 25 medali emas yang diperebutkan, dengan dukun­gan masyarakat Bogor, atlet Jawa Barat mendapatkan 8 medali emas dari cabang olah­raga atletik dan 5 medali emas dari cabang drumband,” sam­bungnya.

Aher mengatakan, ajang PON ini harus menjadi kebang­gan masyarakat Jawa Barat sehingga ajang ini sukses se­cara perhelatan, prestasi, dan ekonomi. “Dalam ajang PON XIX ini kita juga menargetkan pendapatan yang meningkat untuk masyarakat Jawa Barat. Karena kontingen tinggal 10 hingga 15 hari di Jawa Barat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bo­gor Nurhayanti mengatakan, untuk venue di Kabupaten Bo­gor, yakni Stadion Pakansari sudah siap 99 persen. Namun untuk Gedung Kesenian masih terus digeber perbaikannya. Seperti perbaikan toilet, jalan, matras, dan tata suara. “Kami terus geber perbaikan di Ge­dung Kesenian. Percayalah se­belum ajang PON XIX dimulai semuanya sudah selesai,” tan­dasnya.(Yuska Apitya Aji)

 

loading...