BOGOR TODAY- Melalui pengajuan yang di inisiasi oleh Anggota DPRD Kota Bogor dari fraksi PPP dapil Bogor Barat, Zaenul Mutaqin (ZM), akhirnya Kementrian Lingkungan Hidup memberikan hibah sebanyak 7 unit motor sampah bagi Kota Bogor. Tujuh unit motor sampah itu diserahkan ke pihak Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Penyerahan dilakukan di RM Sekarawangi, dihadiri oleh Anggota DPR RI Fraksi PPP, Joko Purwanto, Ketua DPC PPP Zaenul Mutaqin, Camat Bogor Barat Pupung W Purnama, kemarin.
Zaenul mengatakan, dirinya selalu ingin melakukan apapun yang kongkrit dan terbaik untuk masyarakat Kota Bogor, dan bukan hanya wacana. Temasuk penyerahan hibah 7 unit motor sampah bagi masyarakat di Kecamatan Bogor Barat ini yang nantinya diharapkan dapat membantu masyarakat dalam menjaga lingkungan yang bersih, sesuai dengan program pemerintah Kota Bogor dalam mewujudkan Bogor Bersih.
“Alhamdulilah hibah bantuan dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk bantuan motor sampah sudah bisa diberikan ke Kecamatan Bogor Barat. Insya Allah nanti giliran kecamatan lain juga akan kebagian, walaupun tidak sebanyak di Kecamatan Bogor Barat, tunggu saja nanti,” ucapnya.
Ditempat yang sama, Anggota DPR RI Joko Purwanto berharap bantuan motor sampah itu dapat membantu warga dalam penanganan soal sampah di wilayah. “Semoga bermanfaat bagi masyarakat, agar masalah sampah bisa tertangani maksimal dengan adanya motor sampah ini,” singkatnya.
Terpisah, Camat Bogor Barat, Pupung W Purnama menuturkan, dengan adanya bantuan motor sampah (Mosam) itu dapat menjawab salah satu persoalan yang dihadapi oleh Kelurahan di wilayah Bogor Barat yaitu kekurangan sarana pengangkut sampah di wilayah pemukiman. Usulan pengadaan Mosam ini banyak muncul pada saat Musrembang tingkat kelurahan tapi karena keterbatasan dana Pemkot Bogor, sehingga belum dapat direalisasikan.
“Mudah mudahan dengan adanya bantuan hibah ini dapat menunjang pelaksanaan program Bogorku Bersih yang sedang gencar dilaksanakan oleh Pemkot Bogor. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Kang Zaenul Mutaqin yang sudah menginisiasi ataa bantuan Mosam ini,” jelasnya.
Motor sampah itu, lanjut Pupung, nantinya akan di distribusikan ke Kelurahan Cilendek timur, Loji, Pasirjaya, Gunung Batu, Pasirkuda dan Semplak. Terkait penanganan sampah di wilayah Bogor Barat, seperti halnya di wilayah lai nya saat ini sudah mulai dilakukan pemilahan dan juga memulai penerapan program 3R, walaupun belum optimal. Pembentukan bank bank sampah di beberapa kelurahan seperti Loji, Menteng, Cilendek Timur dan Situgede sudah mulai berjalan. “Tentunya dengan adanya bantuan mosam ini, akan sangat membantu dalam penanganan masalah sampah di wilayah Bogor Barat,” tutupnya. (Yuska Apitya)
loading...