CAWANG TODAY- Badan Narkotika Nasional (BNN) memusnahkan narkotika jenis 4-klorometkatinon atau 4-CMC sebanyak 49 liter. Pemusnahan narkoba yang dikenal dengan nama Blue Safir itu dilakukan di balai penelitian Institute Pertanian Bogor (IPB), Bogor, Jawa Barat.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Budi Waseso mengatakan peredaran narkoba jenis 4-CMC beredar dalam bentuk cair berwarna biru. Karena berbentuk cairan, narkoba tersebut tidak dapat dimusnahkan menggunakan mesin Inkubator. “Nanti ada bahan kimia yang menetralisir dia (Blue Safir) itu dicampur, kita tidak punya. Nanti kita bawa ke Cileungsi, Bogor di balai penelitian sana itu dia punya alat untuk menetralisir,” ujar Pria yang akrab disapa Buwas, di Kantornya, Jl MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Rabu (22/2/2017).

Buwas melanjutkan, setelah dinetralisir dengan cairan kimia, unsur katinon atau 4-CMC yang berwarna biru akan berubah warnanya menjadi keruh. Dia mengaku BNN saat ini belum memiliki alat penetralisir tersebut, sehingga saat melakukan pemusnahan pihaknya meminjam laboratorium milik IPB Bogor. “Kita belum memiliki alatnya sehingga kita bawa ke Cileungsi, milik IPB Bogor,” ujarnya.(Yuska Apitya/dtk)

loading...