Nah, mungkin kita bisa bercermin pada kota-kota di bawah ini, yang tergolong kota terbersih di dunia:

1. Oslo, Norwegia

Oslo adalah ibukota Norwegia dan mendapat predikat kota terbersih di dunia selama 5 tahun. Terletak di jantung Eropa, kota ini juga merupakan salah satu kota yang paling mahal di dunia. Oslo memiliki berbagai tempat lingkungan seperti situs laut, taman dan lansekap penuh dengan tanaman hijau yang memberikan kontribusi untuk suasana bebas polusi kota. Pemerintah di sana memiliki kebijakan ketat terhadap pengelolaan sampah dan setiap orang harus mengikuti. Oslo juga dinamai kota terhijau di dunia oleh Readers Digest pada tahun 2007.

2. Stockholm, Swedia

Stockholm adalah kota terbersih di Swedia serta kota terbersih di dunia. Stockholm memiliki lingkungan yang bersih karena sistem transportasi umum yang besar dan industri yang minim di kota. Sistem transportasi umum sangat efisien sehingga orang lebih memilih untuk menggunakannya bukannya pergi keluar dengan kendaraan mereka sendiri. Hal ini akan mengurangi konsumsi bahan bakar dan memberikan suasana yang lebih baik. Stockholm juga memiliki sistem pengelolaan limbah terbaik. Sampah dikumpulkan dari rumah melalui jaringan terowongan bawah tanah untuk pembuangan limbah. Menurut sebuah penelitian, Swedia mendaur ulang 99% dari limbah dan sisanya 1% dimakamkan di tempat pembuangan sampah.

3. Wina, Austria

Wina juga dikenal sebagai kota terbaik untuk hidup di dunia karena memiliki lingkungan yang bersih dan bebas polusi. Wina, ibukota Austria, memiliki sistem yang efisien menghasilkan energi dari limbah. Sistem transportasi publik juga membantu dalam mengurangi polusi. Orang-orang peduli dan tidak membuang sampah di jalan-jalan. Dengan populasi 1,8 juta, Wina tetap sebagai salah satu kota terbersih di dunia.

4. Kobe, Jepang

Kobe adalah kota terbersih dari Jepang dan juga 7 tahun kota terbersih di dunia. Jepang mengambil langkah-langkah untuk melindungi lingkungan alam. Ada kampanye yang secara teratur dijalankan untuk menyebarkan kesadaran di antara orang-orang untuk menyelamatkan lingkungan karena membantu dalam mengurangi polusi. Kobe juga memiliki salah satu sistem manajemen pembuangan limbah yang paling efisien.

5. Freiburg, Jerman

Freiburg, sebuah kota  di Jerman ini juga dikenal sebagai Kota Bunga. Ia jadi salah satu kota terhijau di dunia. Kota ini penuh dengan pohon-pohon dan bukit-bukit yang tersebar di seluruh kota. Pemerintah Freiburg dan orang-orang yang tinggal di sana mencoba untuk menjaga kota yang rapi dan bersih. Kota ini memiliki sejumlah kebun dan taman yang juga menambah keindahan kota.

6. Singapura

Singapura dianggap sebagai kota terbersih di Asia. Republik Singapura memiliki pedoman yang ketat untuk kebersihan dan lingkungan. Tidak ada yang diperbolehkan untuk menghapus bahkan satu tanaman atau pohon tanpa meminta izin pemerintah. Hukum kebersihan di Singapura sangat ketat yang bahkan meludah dianggap suatu pelanggaran. Masyarakat dan pemerintah bekerja bersama-sama untuk mewujudkan itu.

7. Adelaide, Australia

Adelaide adalah tempat di mana kebersihan dalam segala hal. Kota di Selatan Australia ini dikelilingi oleh Teluk St Vincent dan pegunungan tinggi yang menambah keindahan alam kota. Di Adelaide, mobil yang memberikan asap dilarang. Ada taman setiap beberapa meter dan tidak ada yang diperbolehkan untuk membuang apa di jalan-jalan. Dengan sistem pendidikan yang sangat maju, orang di Adelaide dipercaya memiliki lebih akal untuk menjadikan kota yang bersih.

8. Luksemburg

Terletak di Eropa Barat, kota ini dianggap sebagai salah satu negara terbersih di dunia. Ada berbagai istana dan hutan di kota Luksemburg. Hal ini juga disebut Green Heart of Europe. Contoh lain dari aturan dan praktek-praktek yang kota ini pastikan untuk kebersihan adalah bahwa pajak tahunan pada kendaraan didasarkan pada jumlah karbon dioksida yang dipancarkan.

9. Zurich, Swiss

Zurich adalah kota yang sangat indah dan bersih, merupakan pariwisata di Swiss dan menarik banyak wisatawan dari seluruh dunia setiap tahun. Swiss tidak hanya mendidik orang tentang bagaimana benar mendaur ulang limbah, tetapi juga mengajar mereka bagaimana menggunakan produk ini daur ulang lebih efisien untuk mengurangi konsumsi energi di kota.

10.  Calgary, Kanada

Terletak di Alberta, Kanada, orang dari Calgary diajarkan 5 prinsip dasar untuk mengikuti membuat lingkungan lebih bersih dan sehat. Pengaturan mutu sistem daur ulang kotoran, air yang dapat diminum, pembuangan limbah, dan daur ulang, kemacetan lalu lintas, dan polusi udara. Sistem itu mendidik masyarakat dan menyebarkan kesadaran melestarikan lingkungan.(Yuska Apitya/cnn)

loading...