GettyImages-589513640Oleh : ALFIAN MUJANI
[email protected]

BARCELONA memenangilaga leg pertamaPialaSuper Spanyol melawanSevilla. Bertandingdi kandangSevilla, Barca menang 2-0.

Dalam pertandingan di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Sevilla, Senin (15/8/2016) WIB, Barca tampil mendominasi permainan. Mereka terus menekan dan tak memberi Sevilla banyak peluang.

Dengan penguasaan bola 51%, Barca tercatat melepaskan 12 tem­bakan, tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Sementara dari tujuh percobaan Sevilla, hanya satu yang berstatus on target.

Setelah bermain imbang 0-0 di babak pertama, Barca baru mem­ecah kebuntuan di menit ke-54 le­wat sepakan Luis Suarez. Munir El Haddadi kemudian mencetak gol di menit ke-81 untuk menggenapkan kemenangan Barca.

Kemenangan ini memberi Barca keuntungan besar dalam mengha­dapi leg kedua yang akan digelar di Camp Nou, Kamis (18/8) dinihari WIB.

Jalannya Pertandingan

Barcelona langsung mendapat peluang emas saat pertandingan memasuki menit ketujuh. Usai mendapat umpan terobosan dari Andres Iniesta, Luis Suarez tinggal berhadapan dengan Sergio Rico. Tapi sepakannya bisa ditepis oleh Rico.

Sevilla kemudian mencoba menekan Barca. Tapi serangan yang mereka bangun belum menghasilk­an peluang bersih. Sevilla beberapa kali mendapat tendangan sudut, tapi kubu tuan rumah tak mampu memaksimalkannya.

Di babak pertama, tak banyak peluang yang diciptakan oleh kedua tim. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Barca mencoba mengambil inisiatif meny­erang lebih dulu. Denis melepaskan umpan silang dari sisi kiri dan dis­ambut Suarez dengan sundulan. Tapi bola masih bisa diblok oleh Rico.

Barca akhirnya memecah ke­buntuan di menit ke-54. Denis men­girim umpan dari sisi kiri ke dalam kotak penalti ke arah Arda yang ke­mudian memantulkan bola dengan dadanya. Bola mengarah ke Suarez dan striker Uruguay itu dengan ten­ang menaklukkan Rico untuk men­jebol gawang Sevilla.

Semenit berselang, Barca nyaris menggandakan keunggulan. Tapi sepakan Messi yang menuntaskan kerja sama satu dua dengan Suarez masih bisa diamankan Rico.

Barca terus menekan Sevilla. Di menit ke-63, Sergi Roberto melaku­kan penetrasi usai memotong bola Kranevitter dan melakukan kerja sama dengan Messi. Tapi tembakan Sergi digagalkan Rico.

Barca kemudian menggandakan keunggulan di menit ke-81. Munir menuntaskan bola sodoran dari Messi dengan sepakan dengan ba­gian luar kakinya untuk menjebol gawang Sevilla.

Messi nyaris menambah gol bagi Barca di menit ke-89. Tapi tendan­gan kaki kanannya dari dalam kotak penalti ditepis oleh Rico.

Sampai pertandingan usai, skor 2-0 untuk kemenangan Barca tetap bertahan.

Karena Kelelahan

Sevilla menelan kekalahan saat melakoni laga leg I Piala Super Spa­nyol saat melawan Barcelona. Los Rojiblancos kalah karena kelelahan.

Saat melakoni pertandingan di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Senin (15/8/2016) dinihari WIB, Se­villa menelan kekalahan dengan skor akhir 0-2. Gol dalam pertandin­gan itu dicetak oleh Luis Suarez dan Munir El Haddadi.

Sevilla sempat mengimbangi permainan Barca saat babak per­tama. Tapi, keuletan pemain Los Cules di babak kedua berbuah gol Suarez. Dia meneruskan umpan Arda Turan dengan dada sebelum menceploskan bola ke gawang.

Di gol kedua Barca, barisan per­tahanan Sevilla agak terbuka saat Munir mendapatkan umpan dari Lionel Messi. Pemain nomor 17 itu mencetak gol dengan kaki kirinya.

Sampaoli bilang bahwa tim be­sutannya lebih banyak berlari di babak kedua. Dia juga mengeluhkan jadwal pada tim besutannya, karena baru saja melakoni Piala Super Ero­pa melawan Real Madrid di tengah pekan lalu. Mereka juga kalah 2-3 saat melawan Madrid.

“Kami menunjukkan antusi­asme yang besar, tapi kami harus lebih banyak mempertontonkan permainan sepakbola jika diband­ingkan antusiasme. Hari ini, kami tak akurat saat melakukan operan. Kami akan terus berkerja untuk bisa menjadi lebih kuat,” kata Sampaoli di Soccerway.

“Di babak kedua, kami lebih banyak berlari dibandingkan ber­main. Itu mengaktivkan serangan balik tim lawan. Tim seperti ini yang membuat Anda harus membayar untuk kesalahan. Mereka layak mendapatkan kemenangan.”

“Kami baru saja menyudahi laga 120 menit saat melawan Real Ma­drid, dan kami mempunyai mem­punyai beberapa korban. Jadwalnya sedikit menyulitkan kami dan kami merasakan kelelahan,” imbuhnya. Susunan Pemain

Sevilla: Rico; Mariano, Merca­do, Rami, Escudero (Sarabia 55’); N’Zonzi, Kranevitter (Ganso 69’), Vazquez; Kiyotake, Vietto (Ben Yed­der 61’), Vitolo

Barcelona: Bravo; Sergi Roberto, Pique, Mascherano, Mathieu (Digne 27’); Rakitic, Busquets, Iniesta (De­nis Suarez 36’); Messi, Suarez, Arda (Munir 77’)

 

loading...