MADRID TODAY- Barcelona berhasil mencuri puncak klasemen Liga Spanyol dari tangan Real Madrid untuk sementara waktu usai menang atas Atletico Madrid dengan skor 2-1 di Vicente Calderon, Minggu (26/2).

Tambahan tiga poin dari lawatan ke kandang Atletico ini membuat poin Barcelona kini menjadi 54 poin, unggul dua angka atas Real Madrid yang masih memiliki dua pertandingan lebih banyak atas mereka.

Pada babak pertama, Barcelona sempat tak berkutik di 25 menit awal. Mereka bahkan gagal mendaratkan satu pun tembakan tepat sasaran dalam kurun waktu tersebut.

Sebaliknya Atletico meraih beberapa peluang untuk mencetak gol melalui tendangan voli Diego Godin, Gabi, hingga Antoine Griezmann.

Barcelona baru berhasil bangkit di 20 menit akhir. Mereka mendapatkan sejumlah peluang emas untuk mencetak gol lewat Neymar, Lionel Messi, dan Gerard Pique.

Tendangan Neymar di menit ke-29 berhasil diblok oleh Jan Oblak dan bola muntahan gagal jadi gol lantaran Luis Suarez lebih dulu menyentuh bola dengan tangan.

Messi kemudian melepaskan tembakan bebas indah di menit ke-39 tetapi lagi-lagi Oblak mampu menepisnya dengan baik.

Pique juga mendapatkan peluang emas ketika ia berhasil menyambut tendangan sudut dengan sundulan kepala dari jarak dekat, namun Oblak sukses membacanya dengan baik.

Memasuki babak kedua, baik Atletico maupun Barcelona langsung bermain agresif sejak awal.

Barcelona lebih dulu mendapatkan peluang di babak kedua ketika Suarez berhadapan satu lawan satu dengan Oblak, tetapi tembakan Suarez melenceng di sisi kiri gawang.

Griezmann juga membuang peluang untuk membawa Atletico unggul karena tendangannya diblok oleh Marc Andre ter Stegen.

Kebuntuan akhirnya pecah di menit ke-64 saat Rafinha membawa Barcelona unggul 1-0. Rafinha memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Atletico dan melepaskan tembakan terarah ke pojok kanan gawang Atletico.

Setelah gol Rafinha, Atletico berusaha untuk lebih menekan pertahanan Barcelona. Enam menit berselang, Atletico langsung sukses mencetak gol penyama kedudukan.

Bek Atletico, Diego Godin berhasil menyambut umpan tendangan bebas Koke lewat sundulan kepalanya.

Messi kemudian kembali menunjukkan magisnya sebagai bintang Barcelona. Pemain asal Argentina itu menaklukkan Oblak di menit ke-86 ketika sentuhan ringannya di tengah kemelut berhasil menggetarkan gawang Atletico. Messi mendapatkan bola liar setelah tembakan sebelumnya membentur Stefan Savic.(Yuska Apitya)

loading...