PAMIJAHAN TODAY – Bencana longsor di beberapa wilayah di Kabupaten Bogor yang disebabkan cuaca ekstrim yang tak menentu, menjadi momok bagi masyarakat yang tinggal di zona rawan bencana. Oleh karena itu, Kodim 0621 Kabupaten Bogor, menghimbauan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat, serta selalu menjaga lingkungan sekitar.

Dandim 0621 Kabupaten Bogor Letkol Infanteri, Fransisco mengatakan, bagi warga yang tinggal dilokasi rawan longsor harus selalu lebih waspada saat air hujan turun. Dandim pun meminta masyarakat agar tidak membangun rumah di lokasi yang beresiko rawan bencana longsor.

“Demi keselamatan saya sarankan warga jangan membangun rumah di lokasi yang beresiko longsor,” ujar Fransisco, Rabu (30/8/2017).

Selain itu Dandim menghimbau, masyarakat agar berkewajiban untuk selalu menjaga lingkungan, agar dapat mencegah dari kemungkinan bahaya bencana alam yang akan timbul baik itu tanah longsor, mau pun banjir bandang.

“Karena salah satu faktor bencana alam dapat disebabkan dari ulah manusia sendiri, yang tidak peduli dengan alam dan lingkungan disekitar nya,” jelasnya.

Guna mencegah dan antisipasi terjadinya bencana alam, Fransisco menuturkan, jika terjadi hujan deras yang terus menerus, warga yang rumahnya dekat tebing sementara bisa mengungsi ke rumah keluarga atau kerabat yang lokasinya lebih aman.

“Saya menghimbau agar warga selalu siaga bencana, mengingat bencana datang sulit diprediksi. Jadi saya sarankan kepada masyaraklat untuk tidak membangun rumah di lokasi tanah yang labil sehingga akan berdampak kepada terjadinya bencana alam,” pungkasnya. (Albi)

loading...